ASK
ME

REGISTER
NOW

Diskusi Terbuka Psikologi Kesehatan

6/15/2015 12:00:00 AM

Diskusi Terbuka Psikologi Kesehatan

Tema:

 

“Sehat dan Sakit di Indonesia:

Meretas Jalan bagi

Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia”

 

Tanggal 12 Mei 2015

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

 

            Sejatinya pada saat ini kesehatan telah dipandang secara utuh dan tidak secara parsial hanya menyangkut aspek fisik-biologis semata. Kesehatan bahkan telah merambah ke ranah psikis-mental perilaku bahkan sosial. World Health Organization (WHO) sendiri telah menetapkan adanya enambelas determinan sosial yang berpengaruh pada kesehatan yang mencakup aspek-aspek antara lain kemiskinan, pengangguran dan gender.

 

            Namun pembahasan tentang kesehatan masih cenderung dikaitkan dengan pembasmian, pengurangan risiko dan pengobatan (treatment) terhadap penyakit yang cenderung memakai pendekatan bio-medikal. Hal-hal yang bersifat preventif dan advokatif masih jarang diterapkan, padahal kedua pendekatan ini justru bisa mengurangi prevalensi penyakit-penyakit yang selama ini menduduki urutan atas dalam daftar penyakit.

           

            Selain itu apa dan bagaimana kesehatan digambarkan serta bagaimana karakteristik orang yang sehat kurang mendapat sorotan yang signifikan. Seakan-akan sehat adalah anti tesis dari sakit. Padahal patut juga dipertanyakan apakah orang yang tidak sakit dapat dikatakan sehat? Hal ini menunjukkan bahwa sehat sedikit banyaknya ditentukan bagaimana orang berpikir dan berperilaku yang menurutnya termasuk sehat. Dalam hal ini pula tidak tertutup kemungkinan arti sehat/sakit berdasarkan keyakinan budaya masih dipegang oleh individu atau komunitas yang bersangkutan.

 

            Bila pemikiran tentang sehat dan sakit  tersebut di atas dicermati dan diletakkan dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk, maka  dapat dikatakan psikologi—sebagai ilmu yang memelajari perilaku manusi—beserta ilmuwan dan praktisi psikologi memegang peran yang penting. 

 

            Terkait ini, HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) sebagai induk organisasi profesi bagi ilmuwan dan praktisi psikologi Indonesia menaungi sejumlah unit yang mewadahi anggotanya berdasarkan peminatannya dalam bidang yang spesifik ke dalam asosiasi/ikatan peminatan yang salah satunya adalah Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia.

 

            Sejak Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia didirikan bertahun-tahun yang lalu, telah ada upaya dari sejumlah pemerhati psikologi kesehatan untuk mengembangkan asosiasi tersebut sama seperti asosiasi-asosiasi lain yang ada dalam wadah HIMPSI. Dalam kenyataan, ternyata tidak mudah membangun sebuah asosiasi yang kuat, mandiri, dan aktif dengan berbagai kegiatan. Berbagai hambatan menjadikan upaya-upaya tersebut tertunda hingga saat ini.

 

            Program studi Magister Psikologi Unika Atma Jaya berinisiatif menyelenggarakan Diskusi Terbuka Psikologi Kesehatan untuk memfasilitasi bertemunya ketua Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia dan para pemerhati masalah psikologi kesehatan untuk bersama-sama memikirkan upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam menghidupkan Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia sehingga mampu berfungsi sebagaimana mestinya.  Dengan dukungan berbagai pihak dan para pemerhati masalah kesehatan yang dilihat dari perspektif psikososial, diharapkan  Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia mampu melewati hambatan-hambatan yang ada, dan membangun sebuah asosiasi yang kuat dan mandiri.