ASK
ME

REGISTER
NOW

Diskusi interaktif "Intensitas Penggunaan Gawai dan Adiksi Game di Masa Pandemi COVID-19"

9/27/2021 12:00:00 AM

   

Hyper-Casual Gaming dari Adjust melaporkan pengunduhan aplikasi game seluler pada masa pandemi COVID-19 yaitu akhir Maret 2020 mengalami peningkatan sebesar 75 persen dibanding akhir Maret 2019. Dengan pembelajaran jarak jauh, interaksi sosial di kalangan anak dan remaja selama pandemi menjadi terbatas. Risiko adiksi game pada anak dan remaja pun dapat meningkat selama pandemi karena kesempatan untuk bermain game meningkat dan penurunan akses ke kegiatan sosial alternatif. Dampak lain yang dapat ditimbulkan adalah kesehatan mata, gangguan tidur, pengaruh pada kesehatan jangka panjang, dan lainnya. Para orang tua pun menjadi resah akan Gaming Disorder yang bisa mempengaruhi kesehatan psikis dan mental anak. Untuk itu, FKIK Unika Atma Jaya bersama dengan Lingkungan Petrus Kanisius Kampung Sawah melakukan diskusi interaktif dengan topik Intensitas Penggunaan Gawai dan Adiksi Game di Masa Pandemi COVID-19 sehingga para anak dan remaja menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan waktunya di masa pandemi. 

 

Pada Minggu, 26 September 2021 telah terlaksana kegiatan diskusi interaktif dengan durasi satu setengah jam. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemaparan materi berupa penayangan video adiksi game dan pemaparan materi dilakukan dengan membagi peserta ke dalam beberapa breakout room yang disesuaikan dengan usia. Peserta yang hadir terdiri dari; siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan menengah atas serta mahasiswa. Acara yang dijalankan lancar dan mampu mengedukasi mengenai adiksi game. Dalam acara ini, dokter muda dapat menjalani upaya promotif kesehatan pada kalangan anak muda. Tidak sebatas pada diskusi interaktif saja, tetapi para peserta diajak untuk ikut promosi kesehatan dengan tema “Pencegahan Penggunaan Gawai Berlebih” yang dijadikan lomba. Pemenang dari lomba tersebut akan diumumkan pada 3 Oktober 2021.

 

Selamat untuk tim dari FKIK Unika Atma Jaya telah berhasil menjalankan diskusi interaktif.

Kami ucapkan terima kasih kepada Lingkungan Petrus Kanisius Kampung sawah telah bekerjasama dalam acara ini. Sampai ketemu pada acara dan kegiatan kami selanjutnya.

   

(Pusat Pemberdayaan masyarakat / PPM)