ASK
ME

REGISTER
NOW

Dosen Fakultas Teknobiologi Terpilih Sebagai Anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia

12/18/2023 12:00:00 AM



Ibu Watumesa Agustina Tan, dosen Program Studi Bioteknologi, Fakultas Teknobiologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya resmi menjadi anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) melalui pengukuhan 20 anggota baru dalam Sidang Paripurna ALMI di Observatorium Bosscha, 8 Desember 2023 ini.


ALMI adalah sekelompok pendidik dan peneliti dari berbagai bidang yang bertekad untuk memajukan ilmu pengetahuan dan menumbuhkan budaya keunggulan ilmiah di Indonesia.


Ibu Mesa bergabung dengan kelompok kerja sains dan pendidikan, yang berfokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membangkitkan minat dalam ilmu pengetahuan di kalangan anak-anak dan pemuda.


Pada kesempatan tersebut, Prof. Jatna Supriyatna berbicara tentang pentingnya keterampilan penggalangan dana untuk kemajuan penelitian yang bermakna.


Keesokan harinya, di Kongres Ilmuwan Muda Indonesia, Prof. Daniel Murdiyarso memberikan pidato inspiratif tentang dampak krisis iklim terhadap kesehatan dan ketahanan pangan. Anggota ALMI turut melakukan diskusi panel tentang bagaimana perubahan iklim berdampak negatif terhadapkehidupan manusia dan membahas solusi potensial.


Tiga hal utama yang dapat disarikan:


  1. Ilmuwan perlu mulai berpikir ke luar dan mengidentifikasi beragam pemberi dana potensial selain rute pendanaan klasik.
  2. Kita perlu mencari cara untuk memaksimalkan jumlah pendanaan yang terbatas yang kita miliki sebagai “modal awal” untuk mendapatkan pendanaan yang lebih besar di tempat lain.
  3. Keterampilan komunikasi ilmiah sangat penting untuk terjemahan riset. Selain itu, ilmuwan juga dapat berkolaborasi dengan media untuk membantu memperkuat pesan mereka dan membuatnya lebih relevan bagi masyarakat.


Proficiat bagi Ibu Mesa! Semoga dapat berkontribusi terhadap kemajuan sains dan ilmu pengetahuan di Indonesia! 



(WAT)