ASK
ME

REGISTER
NOW

test

Unika Atma Jaya mendorong kewirausahaan Masyarakat Jatimurni RT 003/RW 002 melalui Pengembangan Ikan Nila Asap

10/10/2023


Fakultas Teknobiologi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya menyelengarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyakarat (PkM) yang didanai oleh Hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek melalui Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Tahun 2023.

Masyarakat Jatimurni RT 003/RW 002 diketahui sebelumnya telah membudidayakan ikan air tawar, salah satunya adalah ikan nila. Pada kesempatan kali ini tim PkM Unika Atma Jaya berbagi ilmu dan peningkatan keterampilan masyarakat mengenai proses pengolahan ikan nila menjadi ikan asap. dan peluang bisnisnya.

Rangkaian kegiatan PkM dimulai pada Minggu (17/9) dengan melibatkan peserta dari berbagai lingkungan kerja, seperti pekerja swasta, wirausaha, dan ibu rumah tangga. Pada bagian pendahuluan, tiga narasumber dari Unika Atma Jaya memberikan materi yang terbagi dalam tiga sesi yaitu pada topik motivasi bisnis, proses pengolahan ikan nila menjadi ikan asap dan pengetahuan tentang kemasan produk. Untuk meningkatkan motivasi berwirausaha, peserta mendapatkan pemahaman tentang kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat untuk memulai usaha dan memanfaatkan peluang usaha. Selain meningkatkan motivasi berwirausaha, tim PkM Unika Atma Jaya akan memberikan materi mengenai nutrisi ikan, penanganan dan penyimpanan ikan setelah panen, serta informasi keamanan pangan yang diharapkan dapat membantu peserta dalam memproduksi olahan ikan. produk yang sehat, enak dan aman dikonsumsi.