ASK
ME

REGISTER
NOW

test

Kuliah Tamu oleh Alumni Steffanus Pranoto Hallis “Is Antioxidant Signaling Beneficial?: A Study from the role of NRF2 in stress response of cancer cells”

22/12/2023


Fakultas Teknobiologi, Prodi Teknologi Pangan, telah mengundang Alumni yaitu Steffanus Pranoto Hallis yang Tengah menyelesaikan study Ph.D nya di Department of Pharmacy

Graduate School of The Catholic University of Korea untuk berbagi ilmu pada Mata kuliah Pengantar Bioteknologi Pangan. Topik dalam Matakuliah yang diambil semester pertama ini bermaksud memperkenalkan Ilmu Bioteknologi Kedokteran yang diaplikasikan dalam bidang Kesehatan. Pada kesempatan tersebut Steffanus memberikan topik kuliah : “Is Antioxidant Signaling Beneficial?: A Study from the role of NRF2 in stress response of cancer cells”. Kuliah diselenggarakan secara daring pada tanggal 4 Oktober 2023.

 

Stefanus menyapaikan Sulforaphane merupakan antioksidan yang terdapat pada Brokoli, dapat mencegah secara preventif tumbuhnya sel kanker melalui aktivasi persinyalan nuclear factor erythroid 2-like 2 (NRF2). Tetapi, aktivasi persinyalan NRF2 banyak ditemukan di kanker akibat mutasi sehingga menyebabkan resistensi sel kanker terhadap pengobatan. Oleh sebab itu,  bila sel kanker sudah  tumbuh, persinyalan NRF2 perlu dicegah dengan inhibitor, seperti brusatol, senyawa yang dapat diekstraksi dari tumbuhan makasar. Dalam studi kanker, keseimbangan persinyalan NRF2 berperan penting dalam usaha pencegahan dan pengobatan kanker.