ASK
ME

REGISTER
NOW

test

Kuliah Tamu Bioteknologi Enzim Bersama Dr. Choi Sy Bing dari UCSI Kuala Lumpur

15/12/2023

“Computational Study of Enzyme Inhibitor Interaction”

Kuliah Tamu Bioteknologi Enzim Bersama Dr. Choi Sy Bing dari UCSI Kuala Lumpur


Fakultas Teknobiologi, Program Studi Teknologi Pangan, telah kembali menyelenggarakan kuliah tamu bagi mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi Enzim bersama dengan dosen pengampu Jimmy Suryadi, Ph.D. Kuliah tamu dilaksanakan secara online menggunakan platform Zoom. Pada hari Jumat (29/9), dilaksanakan sesi pertama dengan topik “Computational Study of Enzyme Inhibitor Interaction” dengan narasumber Dr. Choi Sy Bing dari UCSI Kuala Lumpur.


Pada kuliah tamu ini mahasiswa belajar lebih lanjut mengenai peran computational study atau peran komputasi dalam bioteknologi enzim. Dr. Choi Sy Bing mengulas ulang mengenai dasar interaksi enzim agar mahasiswa dapat mendeskripsikan kembali konsep dari interaksi enzim tersebut dan menentukan tipe interaksi yang hadir dalam suatu reaksi enzimatik. Selain itu, Dr. Choi Sy Bing juga memaparkan penjelasan seputar molecular docking yaitu design skala molekuler yang digunakan secara komputasi. Beliau juga memberikan contoh molecular docking dalam kuliah tamu dan bagaimana hal tersebut bisa menjadi tahapan awal dalam suatu penelitian.

Selain itu, Dr. Choi Sy Bing juga menjelaskan mengenai potensi terhadap pengaplikasian molecular docking serta bagaimana mahasiswa dapat melakukan simulasi molecular docking, interpretasi hasil, dan analisis yang harus dilakukan. Kuliah tamu diakhiri dengan sesi tanya jawa dan sesi foto bersama dengan Dr. Choi Sy Bing.