ASK
ME

REGISTER
NOW

Kunjungan Prodi Sistem Informasi ke Dell EMC Singapore

02/20/2019 00:00:00

Tujuan Prodi Sistem Informasi mengunjungi Dell EMC Singapore adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan dari thin client dan penerapan dari teknologi terbaru thin client, serta membandingkan antara thin client dengan stand alone PC.

 

Adapun hasil yang didapatkan dari company visit tersebut adalah sebagai berikut:

 

Dari sisi kemudahan akses dan fleksibilitas, Thin Client lebih memiliki keunggulan dibandingkan stand alone PC. Karena thin client dapat diakses di mana pun selama terkoneksi dengan server melalui internet, sedangkan stand alone PC tidak. Dengan adanya Thin Client mahasiswa akan menjadi lebih mudah mengerjakan tugas kelas mereka di manapun tanpa perlu khawatir mengenai data latihan yang mereka simpan di kelas, karena data tersebut dapat diakses melalui device masing-masing mahasiswa.

 

Dari sisi kemudahan management, Thin Client memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan stand alone PC. Karena dengan menggunakan thin client, kita hanya perlu melakukan instalasi (Program/OS) sebanyak 1 kali saja yang dilakukan di server. Selanjutnya, masing-masing client dapat diberikan akses terhadap OS atau aplikasi apa saja yang bisa digunakan. Sedangkan jika stand alone PC, kita harus melakukan instalasi sebanyak n kali tergantung dari jumlah PC yang digunakan. Semua user bisa menggunakan OS atau aplikasi yang ada di dalam PC tersebut yang tentunya tidak efisien karena tidak semua user menggunakan semua aplikasi yang ada pada PC tersebut.

 

Dari sisi keamanan, Thin Client memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan Stand Alone PC. Karena pada thin client masing-masing user akan memiliki datanya masing-masing yang tersimpan pada ID mereka. Sedagkan jika Stand Alone PC, semua data dari n user akan tersimpan di 1 komputer yang sama. Hal ini akan mengakibatkan kerahasiaan data (tugas/projek) mahasiswa bisa dilihat dan diakses oleh user lainnya dan kemungkinan data tersebut dihapus oleh user lain juga besar.

 

Dari segi cost-reduction Thin Client lebih memiliki keunggulan dibandingkan dengan Stand Alone PC. Thin client menggunakan konsep node, jika ada salah satu node yang mengalami kerusakan, maka secara otomatis client akan diarahkan pada node yang masih aktif dan user masih bisa tetap bekerja. Sedangkan jika pada Stand Alone PC, jika ada kerusakan pada PC tersebut, maka tidak akan bisa digunakan lagi dan user juga tidak bisa bekerja lagi.