ASK
ME

REGISTER
NOW

Delegasi Unika Atma Jaya untuk HNMUN 2014

1/28/2014 12:00:00 AM

 

Kegiatan HNMUN (Harvard National Model United Nations) sudah diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh para mahasiswa dan sarjana Harvard University, Boston, Massachusetts, AS. Pada HNMUN, dilakukan simulasi aktivitas PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang meliputi konferensi, diskusi, debat, dan juga aktivitas lainnya, seperti international bazaar. Tahun ini konferensi HNMUN 2014 diselenggarakan pada 13-16 Februari 2014 bertempat di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Konferensi HNMUN 2014 melibatkan 3000 peserta dari seluruh dunia yang terdaftar sebagai delegasi dari masing-masing universitas dengan didampingi oleh para faculty advisor. Setiap delegasi akan memerankan negara tertentu dalam aktivitas formal simulasi sidang PBB.

 

Tujuh mahasiswa FTb (Fakultas Teknobiologi) memperoleh kesempatan untuk mewakili Unika Atma Jaya sebagai salah satu dari ribuan peserta yang terdaftar pada konferensi tersebut. Ketua delegasi dari Unika Atma Jaya adalah Amadeus Driando Ahnan (2011) dengan anggotanya adalah Daniel Tanuwijaya (2011), Debora Inuesta (2011), Katharina Jessica (2010), Sanino Asyer Jap (2010), Steven Clement (2010), dan Wendy Andryan (2010) yang berada di bawah bimbingan Prof. Dr. F. G. Winarno sebagai faculty advisor. Dengan bimbingan intensif selama sekitar 6 bulan masa persiapan dan pendampingan pada saat pelaksanaan nanti oleh Prof. Dr. F.G. Winarno yang pernah menjadi presiden CODEX Alimentarius Comission di bawah FAO dan WHO PBB, tim delegasi Unika Atma Jaya akan sangat siap menampilkan performa kepemimpinan terbaik pada HNMUN 2014 yang waktunya sudah semakin dekat.

 

Kali ini delegasi Unika Atma Jaya memperoleh kesempatan untuk memerankan negara Republic of Chile. Ini merupakan kali pertama partisipasi Unika Atma Jaya dalam kegiatan tersebut bersama beberapa delegasi dari universitas-universitas dalam negeri lainnya, seperti Universitas Indonesia, Universitas Parahyangan, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Diponegoro. Tiga nama terakhir telah sepakat untuk bekerja sama dengan delegasi Unika Atma Jaya dalam mengadakan pameran budaya Indonesia dalam international bazaar dalam acara tersebut.

 

Dengan telah selesainya urusan administratif, tim saat ini tengah mempersiapkan diri lebih lanjut untuk hari keberangkatan. Segala persiapan mulai dari pendaftaran, dana, pengumpulan karya tulis, akomodasi-transportasi, perijinan, hingga pelatihan debat dalam bahasa Inggris telah dilakukan demi performa terbaik dalam acara tersebut. Atas berkat dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa, tak lupa kami juga berterima kasih atas dukungan penuh dari Unika Atma Jaya dan FTb sebagai fasilitator, orang tua masing-masing delegasi, Ibu Dora Aruan sebagai penasihat ilmu debat dan komunikasi, alumni FTb Francisca Albertha dan Fiona Priscila sebagai pelatih debat, Dr. Rory Hutagalung sebagai pembina bahasa Perancis, dan mantan duta besar Indonesia untuk Chile Bapak Noor Handono sebagai konsultan, serta dukungan lainnya dari sponsor yang memungkinkan tim ini untuk berangkat mewakili Unika Atma Jaya dan Indonesia.

 

Seluruh anggota tim memiliki motivasi, jiwa, dan semangat yang tinggi untuk menjunjung tujuan utama kegiatan ini, yaitu memahami kompleksnya hubungan internasional dalam menghadapi isu-isu global. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman esensial untuk berkarya demi kesejahteraan umat manusia dan membuka wawasankhususnya tentang kepemimpinan skala internasional. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan sarana yang tepat dalam mempersiapkan pemimpin masa depan kelas dunia.

 

Last but not least, delegasi Unika Atma Jaya untuk HNMUN 2014 berharap keikutsertaan mereka dapat membuka jalan bagi delegasi Unika Atma Jaya berikutnya dengan peran serta mahasiswa dari setiap fakultas.

 

Laporan: 

Widya Agustinah (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTb)