ASK
ME

REGISTER
NOW

Peluncuran Game Pandemic Survival

4/24/2021 12:00:00 AM

“Pandemic Survival”!

Itulah nama aplikasi permainan yang baru diluncurkan oleh Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, Unika Atma Jaya pada 14 April 2021.

Permainan edukatif tentang protokol kesehatan 3M ini dapat dimainkan dalam lebih dari 40 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, sejumlah bahasa daerah dan beberapa bahasa asing. Aplikasi Pandemic Survival ini bisa diunduh dari Playstore dan dimainkan secara offline: https://play.google.com/store/apps/details...

 

Dalam acara ini hadir 2 orang narasumber, yaitu dr. Eva Suryani, Sp.KJ dari FKIK Unika Atma Jaya dan Dr. Obing Katubi M.Hum. dari LIPI. Dalam presentasinya yang berjudul “Gim di Era Pandemi Covid-19”, dr. Eva menyampaikan bahwa gim sebagai media edukasi mempunyai dampak positif untuk belajar. Diharapkan pesan yang disampaikan bisa lebih kuat diingat, terutama oleh anak-anak karena gim sifatnya multimodal, yaitu disertai suara, adanya tulisan, gambar bergerak serta tangan yang memainkan game. Lebih lanjut dr. Eva mengingatkan bahwa gim yang tidak digunakan sesuai aturan dan batasan dapat menimbulkan adiksi.

 

Sementara itu, Dr Dr. Obing Katubi M.Hum. memandang gim yang diterjemahkan kedalam bermacam bahasa daerah dapat menjadi salah satu sarana untuk pembelajaran kepada masyarakat daerah khususnya tentang bahaya Covid-19. Dengan tersedianya berbagai macam bahasa, pengenalan bahaya Covid-19 akan lebih mudah dimengerti dari cara menghindari dan bisa meminimalisir konotasi negatif kepada penderita Covid-19.