ASK
ME

REGISTER
NOW

Career Coaching 2014

09/10/2014 00:00:00

 

Fakultas Psikologi bekerja sama dengan Ikatan Alumni Psikologi (ILUPSI) dan Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) menyelenggarakan “CAREER COACHING 2014” pada 6 September 2014 di Aula D Unika Atma Jaya . Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa psikologi S1 dan beberapa mahasiswa psikologi S2.

 

CAREER COACHING 2014 ini adalah acara rutin ke-empat yang diselenggarakan tiap bulan September oleh Fakultas Psikologi untuk memfasilitasi mahasiswa yang sedang menjalani semester akhir atau dalam tahap mengerjakan seminar/skripsi. Secara umum, Career Coaching diadakan untuk memberikan gambaran tentang dunia karirbagi para mahasiswa sehingga mahasiswa dapat membantu mahasiswa dalam menentukan pilihan setelah lulus dari Fakultas Psikologi.

 

CAREER COACHING 2014 terbagi dalam tiga sesi yaitu 1). Sesi “Beasiswa dan Studi Lanjut”, 2). Sesi “Becoming Valueable Candidate”, dan 3). Sesi “Alumni Berbagi”. Dalam setiap sesi terdapat para alumni dari ILUPSI yang menjadi narasumber dan moderator. Selain ILUPSI, kegiatan tahun ini juga mengundang narasumber dari LPDP, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

 

Sesi “Beasiswa dan Studi Lanjut” ini mendatangkan narasumber mengundang Ibu Ratna Prabandari, S.Psi., M.Ed. , Kepala Divisi EvaluasiPenyaluran dana Kegiatan Pendidikan, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

 

 yang berbagi informasi mengenai beasiswa LPDP, baik dalam dan luar negeri, baik dari persyaratan, prosedur, manfaat dan suka dukanya. Selain itu juga akan ada alumni FP UAJ angkatan 2006, Octavianus Wisnu, yang melanjutkan studi S2 ke UGM dan Belanda, melalui jalur mandiri dan beasiswa, yang akan sharing tentang alasannya studi lanjut, bagaimana prosesnya, program yang diambilnya, dan kampusnya. Sudah ada beberapa alumni FP UAJ yang menjadi penerima beasiswa LPDP S3 di luar negeri di Eropa.

 

Sesi “Becoming Valueable Candidate” bertujuan membekali mahasiswa tingkat akhir dalam hal persiapan menghadapi dunia kerja, khususnya menghadapi proses rekruitmen.   Dalam sesi yang menggunakan konsep interactive talkshow ini, dibahas dengan tuntas tentang teknik penyusunan CV dan menghadapi wawancara kerja, mulai dari hal¬-hal penting, mitos, common pitfalls, hingga tips praktis. Masing-masing peserta yang sudah mempersiapkan CV sebelumnya akan saling menilai CV rekannya, berdasarkan pemaparan narasumber. Sesi ini disampaikan oleh Pipit Febrina yang bekerja di United Tractors (UT) dan Sheeren Yolanda yang bekerja di Astra Internasional.

 

Sesi “Alumni Berbagi Cerita” terbagi dalam tiga topik diskusi di antaranya adalah 1). Pendidikan, Klinis dan Psikologi, 2). Mengupas Dunia HRD, dan 3). Berkarya di ranah sosial. Alumni berbagi cerita dilakukan dalam kelompok kecil yang di dalamnya terdapat kurang lebih 20 hingga 30-an mahasiswa.

Pada kelompok pertama ada Mona Sugiarto, alumni Fakultas Psikologi yang berkarya di bidang Pendidikan dan Klinis, melalui lembaganya Adfamilia. Melalui lembaganya, Mona berfokus melakukan edukasi dan pendampingan pada masyarakat terkait isu-isu psikologi keluarga, anak berkebutuhan khusus, psikologi klinis, dan lain sebagainya. Mona berbagi tentang alasan memilih dunia yang digelutinya, tugas kesehariannya, suka - dukanya, pengalaman berkesan, hingga hal yang perlu disiapkan mahasiswa jika ingin memasuki dunia ini.

 

Kelompok pertama ini adalah kelompok yang paling diminati dengan jumlah peserta sekitar 30 mahasiswa. Pada sesi ini, peserta diminta untuk menuliskan pekerjaan yang akan mereka lakukan tanpa dibayar. Kemudian, setiap peserta menjelaskan dan menceritakan apa yang mereka tulis tersbeut kepada peserta lain.

 

Pada kelompok kedua ada Donny Ignatius Lumintang (Trainer Kalbe) dan Widia Tumbuan (Trainer Panin Life - FWD), alumni Fakultas Psikologi yang malang melintang di dunia HRD khususnya training, mereka akan berbagi tentang alasan memilih dunia yang digelutinya, tugas kesehariannya, suka - dukanya, pengalaman berkesan, hingga hal yang perlu disiapkan mahasiswa jika ingin memasuki dunia ini.

 

Pada kelompok ketiga ada Theodora Subyantoro, alumni Fakultas Psikologi yang berkarya di ranah sosial khususnya di ICMC-UNDP, mengurus masalah imigran internasional di mana Theodora akan berbagi tentang alasan memilih dunia yang digelutinya, tugas kesehariannya, suka - dukanya, pengalaman berkesan, hingga hal yang perlu disiapkan mahasiswa jik ingin memasuki dunia ini.

 

Pada kelompok ini, narasumber menggunakan alat peraga seperti balon, flipchart, dan powerpoint untuk bercerita mengenai pengalaman beliau ketika bekerja.

 

Pada akhir kegiatan sharing dalam kelompok, seluruh mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada para alumni.