ASK
ME

REGISTER
NOW

Fakultas Kedokteran dan PT Givaudan Indonesia Sosialisasikan Nutrition and Personal Hygiene kepada Siswa SDN I dan II Situgadung

1/24/2014 12:00:00 AM

 

 

Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya yang kali ini bekerja sama dengan PT Givaudan Indonesia pada Sabtu, 18 Januari lalu meresmikan fasilitas tempat atau wadah untuk mencuci tangan bagi Sekolah Dasar Negeri Situgadung I dan II yang terletak di Kampung Sinangpalay, Dusun Situgadung, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Aksi sosial ini merupakan bagian dari program CSR  (Corporate Social Responsibility) PT Givaudan Indonesia dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa-siswi untuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. PBHS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dimulai dengan cuci tangan dengan menggunakan sabun. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan supaya siswa-siswi SDN I dan II Situgadung memiliki pengetahuan dasar mengenai menu seimbang, mengkonsumsi makanan yang bersih, aman dan bergizi (good food vs bad food).

 

Untuk mewujudkan tujuan-tujuan mulia tersebut, Unika Atma Jaya dan PT Givaudan Indonesia membangun fasilitas tempat cuci tangan, karena sekolah tersebut belum memiliki fasilitas tersebut. Tim PHBS mahasiswa FK (Fakultas Kedokteran ) Unika Atma Jaya yang sudah terlatih dan didampingi oleh staf pengajar FK Unika Atma Jaya serta staff  PT Givaudan Indonesia yang akan menjadi fasilitator untuk menyampaikan informasi serta pengetahuan mengenai kesehatan dan pola hidup sehat yang berguna bagi anak-anak SDN I dan II Situgadung.

 

Cara yang digunakan untuk menyampaikan pesan hidup sehat kepada siswa-siswi-pun beragam dan dilakukan secara menyenangkan. Siswa-siswi tampak menikmati pertunjukan boneka, menonton video, mendengarkan penjelasan, dan  menari seta menyanyikan lagu “Cuci Tangan Sebelum Makan” bersama para fasilitator.

 

“Kami memilih Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya karena pengalamannya di bidang kesehatan tidak diragukan  dan anak-anak adalah sasaran yang tepat untuk diberikan perhatian. Karena dengan begitu, kita turut meningkatkan pendidikan bagi anak-anak, khususnya SDN Situgadung I dan II yang juga merupakan harapan bagi bangsa ini. Untuk mewujudkan itu semua, dibutuhkan gizi yang baik, dan salah satu dari delapan langkah menyehatkan adalah dengan mencuci tangan,” jelas Ir. Suharno Tedjopranoto selaku pihak dari PT Givaudan Indonesia saat dimintai pendapat tentang kegiatan ini.

 

Segenap panitia dan pelaksana acara, baik dari FK Unika Atma Jaya maupun PT Givaudan Indonesia mengungkapkan kepuasannya dengan program ini, karena melalui program ini, anak-anak dapat mengerti lebih baik mengenai PHBS dan wajah-wajah bahagia terlihat dari muka siswa-siswa saat sedang mencuci tangan dengan fasilitas baru.

 

 

Laporan: Yossie (Reporter M&PR)