ASK
ME

REGISTER
NOW

Pertemuan Ilmiah Tahunan Pengajar BIPA (PITA BIPA 3)

02/20/2017 00:00:00

 

Pada Jumat, 17 Februari 2017 di Gedung Yustinus Lantai 14, Kampus Universitas Atma Jaya, diselenggarakan pertemuan ilmiah tahunan bahasa Indonesia bagi penutur asing (PITABIPA) yang ketiga kalinya. Pertemuan ini diselenggarakan oleh Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jakarta Raya bekerja sama dengan Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Katolik Atma Jaya.

 

Pertemuan ini diawali dengan doa pembukaan yang dipimpin oleh Romo Yohanes Subagyo, Pr dilanjutkan  sambutan dari Ibu Dr. Luciana, M.Ed. selaku Dekan Fakultas Pendidikan dan Bahasa dan sambutan dari Bapak Totok Suhardyanto, Ph.D. selaku ketua APPBIPA Jaya. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Unika Atma Jaya, Bapak Dr. Kristianto P. Halomoan.

 

Dalam pertemuan ini, terdapat 7 pembicara tamu yang lima orang di antaranya berasal dari luar negeri. Ada 45 pemakalah dari seluruh Indonesia yang menyajikan makalah seputar penelitian dan pengajaran BIPA. Salah seorang pembicara utama adalah Profesor Kyoko Funada dari Kanda University of International Studies, Tokyo, Jepang, seorang ahli yang telah lama berkecimpung dalam dunia pengajaran dan penelitian bahasa Indonesia. Selain itu, ada empat orang mantan peserta BIPA, yaitu Mario Calvi (Italia), Yulia Guseva (Rusia), Shamita Noonpakdee (Thailand), dan Yu Ke (RRT), yang kemudian bekerja di bidang yang berhubungan dengan Indonesia.