ASK
ME

REGISTER
NOW

Bioscience and Art Workshop

12/10/2008 12:00:00 AM

Karya seni menggunakan makhluk hidup (living artworks) merupakan perkembangan terakhir dalam teknik pembuatan karya seni di Australia, Eropa, dan Amerika Serikat. Untuk menciptakan karya seni yang hidup, seniman berkolaborasi dengan ilmuwan di laboratorium untuk menciptakan karya seni dari bakteri, DNA, jaringan kulit, dan benda hidup lainnya. Musik, bahan sandang, dan gambar telah berhasil diciptakan dari kolaborasi seniman-ilmuwan di seluruh dunia dan dipamerkan di pameran-pameran khusus dan ajang seni utama seperti Venice Biennale dan Documenta.


Untuk pertama kalinya di Indonesia, para musisi, penampil, dan perupa akan dapat belajar dari ilmuwan-ilmuwan ahli mengenai cara memanfaatkan laboratorium ilmiah biologi untuk menciptakan karya seni hidup. Acara ini terselenggara berkat kerja sama antara Quasi-Living Group (The University of Western Australia), Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, dan Yayasan Interkultur.


Pelatihan yang akan berlangsung selama empat hari ini dirancang untuk memperkenalkan dunia biologi kepada para seniman. Para peserta pelatihan akan berhadapan dengan teknik-teknik biologi melalui pengalaman langsung dan mendiskusikan soal-soal etis yang berkaitan dengan penggunaan teknik-teknik tersebut. Para seniman akan mengembangkan konsep penerapan ilmu pengetahuan tersebut untuk menghasilkan sesuatu yang artistik.


Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi seniman dari semua disiplin, termasuk seni rupa, seni musik, seni pertunjukan, seni sastra, film, dan media digital.


Deskripsi Pelatihan

Sesi praktikum mencakup teknik-teknik mikrobiologi, ekstraksi DNA, rekayasa genetika, dan eksperimentasi lintas disiplin dalam seni. Setiap sesi laboratorium akan dibuka dengan kuliah dan diakhiri dengan diskusi kelompok. Pelatihan ini akan ditutup dengan sebuah forum publik. Seluruh kegiatan akan dibawakan dalam bahasa Inggris dengan terjemahan bahasa Indonesia.


Waktu dan Tempat

Waktu : 11-15 Desember 2008

Tempat :
Gedung Yustinus
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Jalan Jenderal Sudirman kav. 51 Jakarta 12930