ASK
ME

REGISTER
NOW

Usaha Peningkatan Kesehatan Anak Melalui Pendekatan Primary Health Care di Kelurahan Penjaringan

1/22/2007 12:00:00 AM

Oleh: Charles Surjadi; Maria G. da Cunha; Attas Hendartini Habsyah

Tahun: 1986

Salah satu tujuan pokok pembangunan kesehatan dalam Repelita IV adalah peningkatan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat dan mengatasi sendiri masalah kesehatan sederhana terutama melalui upaya peningkatan, pencegahan, dan penyembuhan.
Tujuan itu akan dicapai antara lain melalui peningkatan dan pemantapan upaya kesehatan. Salah satu kegiatannya adalah melakukan pendekatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD).

Dalam kaitan dengan itu, Kedokteran Komunitas Rumah Sakit Akademik Atma Jaya dan Pusat Penelitian Unika Atma Jaya mengadakan suatu penelitian aksi penerapan PKMD di perkampungan miskin di kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara bagian barat. Penelitian ini dilakukan selama 18 bulan yang berakhir pada bulan September 1985. Namun berhubung sesuatu hal, proyek ini diperpanjang sampai dengan September 1986. Pelaksanaan proyek ini merupakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan bantuan biaya dari Yayasan Ford.

Program ini dibedakan atas program aksi dan program penelitian. Program aksi dilakukan di tiga RW kelurahan Penjaringan dengan menggunakan cara yang berbeda. Program penelitian dilakukan terhadap masyarakat di ketiga RW, kader kesehatan, dan pemuka masyarakat yang ikut serta dalam program aksi.

Tujuan program aksi: membina masyarakat di kelurahan Penjaringan khususnya pemuka masyarakat, organisasi ibu, dan kader kesehatan untuk melakukan tindakan pribaadi (self help care) dan usaha kesehatan lainnya yang berprinsip dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat.

Tujuan penelitian: menilai efektivitas tiga cara pendekatan dalam program aksi yang dimaksudkan untuk memperbaiki kesehatan anak balita di kelurahan Penjaringan.