ASK
ME

REGISTER
NOW

Universal Health Coverage: Everyone, Everywhere

4/7/2018 12:00:00 AM

 

Hari Kesehatan Sedunia diperingati setiap tanggal 7 April sejak tahun 1950. Penetapan tanggal ini didukung oleh World Health Organization (WHO).Hari Kesehatan Sedunia ini juga bertujuan untuk memperingati berdirinya WHO pada 7 April 1948. Kesempatan ini digunakan untuk menarik perhatian dunia dalam menyadari masalah-masalah besar kesehatan global setiap tahunnya. Pada tahun 2018 ini, WHO mengangkat tema “Universal Health Coverage: Everyone, Everywhere” dengan slogan Health For All. Slogan ini juga merupakan visi dari WHO selama lebih dari tujuh dekade dibalik upaya organisasi saat ini untuk mendukung negara-negara dalam bergerak menuju Universal Health Coverage (UHC).

 

Mengapa Universal Health Coverage penting?

 

Dalam beberapa dekade terakhir, UHC telah muncul sebagai strategi utama untuk membuat kemajuan menuju tujuan pembangunan yang terkait dengan kesehatan dan lebih luas lainnya. Akses ke perawatan kualitas esensial dan perlindungan keuangan tidak hanya meningkatkan kesehatan dan harapan hidup manusia, tetapi juga melindungi negara dari epidemi, mengurangi kemiskinan dan risiko kelaparan, menciptakan pekerjaan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesetaraan gender.

 

Keberadaan UHC dapat memastikan bahwa semua orang bisa mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas dimanapun dan kapanpun mereka membutuhkan tanpa adanya kesulitan biaya. Masyarakat tidak lagi harus memilih antara kesehatan dengan kebutuhan hidup lainnya, karena UHC diharapkan dapat menjadi kunci bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia dan bangsa. (TC)