ASK
ME

REGISTER
NOW

Uji Coba Kompos Mahasiswa Fakultas Teknobiologi

9/2/2014 12:00:00 AM

            Tim Pengabdian Masyarakat Mahasiswa FTb
                        
Guna memperlancar pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat “Syukuri Dengan Aksi!, Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Pantai Harapan Jaya – Bekasi Melalui Inisiasi Komposting Limbah Jerami”, Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya melakukan uji coba komposting di kampus Unika Atma Jaya – Semanggi.

 

Uji coba komposting dilakukan di lahan belakang sport hall  sejak bulan April 2014 oleh mahasiswa FTb Amadeus Driando dkk. Kegiatan ini merupakan sarana “latihan” sebelum pelaksanaan yang sesungguhnya untuk para petani di Desa Pantai Harapan Jaya – Bekasi.

 

Alat dan Bahan : Parang, 2 buah kotak berukuran 1 x 1 x 1 meter, 2 lembar terpal 1 x 1 meter, 2 karung jerami yang diambil langsung dari sisa panen padi di Desa Pantai Harapan Jaya – Bekasi, EM4 dan Probion.

                                              Hasil komposting jerami

Menurut Tim, hasilnya cukup baik. Rencananya hasil percobaan ini akan diterapkan dalam pengabdian di Kp. Panombo Desa Pantai Harapan Jaya - Bekasi. Pengabdian ini pada dasarnya merupakan pengabdian lintas fakultas, antara lain FTb, FE, dan Fiabikom. Fakultas lain yang tertarik untuk berpartisipasi silahkan menghubungi PPM di pesawat 327, 332.

 

Tahapan yang akan dilakukan dalam kegiatan ini antara lain : Tahap I: Pembuatan kompos, tahap II: Pemanfataan kompos untuk tanaman, padi, palawija dan tanaman pot di sekitar rumah (pemanfaatan lahan kosong untuk rumah tangga). Tahap III : Pengolahan dan pemasaran hasil.

 

(Laban Eka Jaya/PPM)