ASK
ME

REGISTER
NOW

Unika Atma Jaya Dukung Transformasi Digital dengan Ciptakan Talenta Cakap Digital

5/25/2022 12:00:00 AM

 

 

 Dekan Fakultas Teknik, Ronald Sukwadi, Ph.D., mewakili Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko dalam acara penandatangan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam penyelenggaraan Digital Talent Scholarship (DTS).

 

 

Jakarta, 25 Mei 2022 - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya, khususnya Fakultas Teknik (FT), menandatangani perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam penyelenggaraan Digital Talent Scholarship (DTS). Kegiatan penandatanganan ini dilaksanakan di J.W. Marriott Yogyakarta, (17/5). 

 

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik, Ronald Sukwadi, Ph.D., yang mewakili Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko. Kegiatan ini merupakan satu rangkaian acara dengan Pelaksanaan Digital Economy Task Force (DETF) G-20 dan Grand Launching Digital Talent Scholarship 2022, dimana akan diadakan Penandatanganan MoU Mitra Perguruan Tinggi Digital Talent Scholarship 2022.

 

Dalam acara yang juga dihadiri para mitra DTS ini menekankan pentingnya kemampuan cakap digital di masa kini yang diperlukan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengikuti perkembangan global. Hal inilah yang mendorong pemerintah dalam mengadakan program DTS yang menjadi terobosan baru demi mempercepat penyediaan talenta digital.

 

 

“Seirama dengan Kemenkominfo yang terus berupaya menuju Indonesia Cakap Digital, Unika Atma Jaya juga akan terus menunjukkan sinergitas dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan teknologi, salah satunya melalui kegiatan perkuliahan yang membekali mahasiswa agar semakin melek dan cakap dengan dunia digital, etika digital, keamanan digital, dan menguasai kemampuan dasar untuk memanfaatkan ruang digital, “ ungkap Prasetyantoko.

 

Pelatihan DTS sendiri diperuntukkan kepada para peserta pelatihan agar dapat memasuki dunia industri, terutama industri digital global dan industri digital nasional. Program ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat digital, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melalui pembahasannya terkait akselerasi transformasi digital.

 

Mendukung hal tersebut, Unika Atma Jaya sebagai salah satu perguruan tinggi berakreditasi A juga memberikan berbagai kemudahan bagi para mahasiswa dengan memfasilitasi e-learning, virtual lab, e-library, aplikasi video conference, dan masih banyak fasilitas lainnya kepada seluruh sivitas akademika. Unika Atma Jaya terus berkomitmen dalam mendukung percepatan menyediakan talenta-talenta demi kebutuhan transformasi digital. 

 

“Tidak hanya kegiatan perkuliahan yang membekali mahasiswa dalam bidang digital, namun Unika Atma Jaya pada saat ini turut mempersiapkan perkuliahan melalui Metaverse sebagai bentuk nyata partisipasi serta dukungan universitas dalam perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital, “ ungkap ekonom terkemuka Indonesia tersebut.

 

Senada dengan itu, Ronald Sukwadi, Ph.D. mengatakan bahwa melalui perpanjangan penandatangan MoU tersebut adalah sebagai bentuk kolaborasi apik yang terus berjalan.

 

Fakultas Teknik sudah dipercaya sejak tahun 2020 sebagai mitra penyelenggara DTS - Fresh Graduate Academy Kementerian Kominfo. Dosen-dosen pengajar dari FT sudah mendapatkan sertifikat internasional pengajar sesuai dengan topiknya.

 

"Program ini bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 agar dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri, " kata Ronald Sukwadi.

 

 

 

Selanjutnya diharapkan para lulusan dapat memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi dan berkesempatan untuk memiliki sertifikasi global serta bisa bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.

Penggunaan dan terus terjadinya perkembangan teknologi informasi diberbagai proses pembelajaran ditingkat fakultas hingga prodi, Unika Atma Jaya sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi di usia ke-62 tahun juga terus berupaya memperbarui fasilitas teknologi digital untuk menunjang kegiatan perkuliahan khususnya di dunia pasca-pandemi Covid 19 di 2022 ini.

 

Sivitas akademika Unika Atma Jaya telah bulat membawa pesan: “Atma Jaya untuk Masa Depan yang Berkelanjutan” dengan semangat “Untuk Tuhan dan Tanah Air”.