ASK
ME

REGISTER
NOW

PEMBUKAAN VIRTUAL PROFESSIONAL PRACTICUM (VPP) WINTER PROGRAMS 2021

06/28/2021 00:00:00

Sejak tahun 2002 hingga sekarang FIABIKOM Unika Atma Jaya bekerjasama dengan ACICIS (Australian Consortium for ‘In Country’ Indonesian Studies) menyelenggarakan kegiatan professional practicum secara teratur setiap tahunnya. Kegiatan tersebut diberi nama Jakarta Professional Practicum. Namun berhubung kondisi pandemi kegiatan tersebut dialihkan menjadi kegiatan virtual yang kemudian diberi nama Virtual Professional Practicum (VPP).

Kegiatan VPP pertama telah berlangsung dengan sukses pada bulan Januari yang lalu dan keberhasilan tersebut menginspirasi untuk diselenggarakan VPP tahap kedua yang dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2021 ini. Sehingga penyelenggarakan VPP dilaksanakan setahun 2 kali, di periode Summer dan Winter 2021.

Pada hari senin, 28 Juni 2021, pukul 09.00 wib diselenggarakan acara pembukaan program VPP Winter Programs 2021. Acara ini dibuka oleh wakil rektor IV Unika Atma Jaya Dr. Eko Adi Prasetyanto, Steve Scott dari Kedutaan Besar Australia, Dr. Adrian Budiman Resident Director Acicis di Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 59 orang mahasiswa yang berasal dari 16 universitas ternama di Australia. Mereka selama 12 minggu akan mengikuti berbagai kegiatan untuk mengenal Indonesia dengan lebih baik secara daring. Mereka akan belajar Bahasa Indonesia dan berbagai hal yang perlu diketahui tentang politik, ekonomi, budaya Indonesia. Mereka akan dibimbing oleh pakar dari Indonesia maupun Australia yang telah mengenal Indonesia dengan baik. Selain kuliah, mereka juga akan melakukan kegiatan magang secara online dengan beberapa perusahaan atau organisasi di Indonesia, mereka akan dibimbing oleh para mentor dalam mengerjakan hal-hal yang terkait dengan bidang yang mereka geluti.

Pada kesempatan ini ada 5 program yang dijalankan yaitu: Agriculture Professional Practicum, Business Professional Practicum, Journalism Professional Practicum, Development Studies Professional Practicum dan Law Professional Practicum. Para mahasiswa peserta program ini mendapat bantuan pendanaan dari pemerintah Australia lewat program New Colombo Plan, yang memberi kesempatan bagi para mahasiswa Australia untuk dapat mengenal negara-negara Asia dengan lebih baik.