ASK
ME

REGISTER
NOW

PEMBUKAAN VIRTUAL PROFESSIONAL PRACTICUM (VPP) 2021

01/05/2021 00:00:00

 

Setiap tahun secara teratur, sejak tahun 2007, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) Unika Atma Jaya menyelenggarakan kegiatan Jakarta Professional Practica yang bekerja sama dengan Australian Consortium for Ion Country Indonesian Studies (ACICIS). Kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan di Jakarta dan diikuti oleh berbagai mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Australia.

 

Kondisi pandemic global yang melanda dunia saat ini menyebabkan kegiatan yang telah secara rutin dilakukan ini menjadi terganggu. Hal ini karena adanya pembatasan pergerakan manusia yang tidak memungkinkan mahasiswa yang berasal dari Australia untuk datang berkunjung ke Indonesia. Namun meskipun terdapat hambatan seperti ini, segenap staf di ACICIS mencari solusi agar kegiatan professional practicum yang telah secera rutin berjalan dapat terus dilangsungkan. Untuk itulah kemudian digagas bentuk lain dari kegiatan ini yang kemudian dinamakan dengan Virtual Professional Practicum (VPP).

Pada tanggal 04 Januari 2021, diadakanlah acara pembukaan kegiatan VPP ini yang dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom. Dalam kegiatan tersebut, pihak yang memberikan kata sambutan adalah Dr. Adrian Budiman, selaku Resident Director ACICIS di Indonesia, Mr. Allastar Cox, Charge d’Affaires Kedutaan Besar Australia di Indonesia dan Dr. Yohanes Eko Adi Prasetyanto selaku warek Bidang Kerja Sama Unika Atma Jaya. Masing-masing pihak menyatakan bahwa kerjasama yang telah terjalin dengan baik, perlu terus dilakukan walau kondisi pandemi membuat pertemuan yang ada menghadapi kendala. Semua berharap acara dapat berjalan dengan lancer dan membantu mempererat hubungan Australia dan Indonesia.

 

Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh 119 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Australia. Adapun program-program yang diadakan dalam kegiatan VPP kali ini ada 5 program yaitu: Agricultural Professional Practicum (APP), Business Professional Practicum (BPP), Development Studies Professional Practicum (DSPP), Journalism Professional Practicum (JPP) dan Law professional Practicum (LPP). Semoga kegiatan VPP ini dapat berjalan lancer dan semoga pandemi ini dapat segera berlalu sehingga kita semua dapat melakukan kegiatan tatap muka lagi. (Eko

Widodo)