ASK
ME

REGISTER
NOW

AKADEMISI, PRAKTISI MEDIA DAN HUMAS DISKUSIKAN MANAJEMEN KRISIS

09/18/2021 00:00:00

 

AKADEMISI, PRAKTISI MEDIA DAN HUMAS DISKUSIKAN MANAJEMEN KRISIS

 

 

Dosen Fiabikom Unika Atma Jaya, kembali mengadakan diskusi online via Zoom Meeting pada Sabtu, 11 September 2021 dengan topik “Manajemen Krisis”,  yang tentunya tidak kalah seru dari diskusi sebelumnya. Selain dosen Fiabikom, diskusi online ini juga dihadiri oleh Apreyvita Wulansari (Pemimpin iNews TV), S.S. Budi Raharjo MM (Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia) dan merupakan CEO majalah eksekutif dan Pemred Majalah MATRA, Eko Ardiyanto (Jurnalis iNews), Michael Reza Say (VP Public Affairs Gojek Indonesia), Gloria Oyong (Direktur Komunikasi Korporat Kompas Gramedia Group), serta Sari Widuri (Pemimpin Redaksi womanindonesia.co.id). Tidak hanya itu saja, Rosdiana Sijabat (Pengajar Ekonomi Makro), serta Satria Kusuma (Pengajar Komunikasi Pembangunan) pun turut hadir dalam diskusi online tersebut. Diskusi ini diawali dengan pemaparan singkat mengenai kemajuan teknologi komunikasi digital serta ketidakpastian tinggi yang membuat situasi dunia menjadi sangat rentan.

 

Secara nalar dan Ilmu Komunikasi, topik “Manajemen Krisis” berada di luar logika, sehingga dalam penerapan manajemen krisis dan audit komunikasi dibutuhkan “helicopter view” dan “jendral lapangan” untuk menghindari kerugian yang besar di berbagai aspek kehidupan manusia serta bisnis. Dr. Eko Widodo selaku Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya sangat mendukung inisiasi diskusi ini karena menurut beliau,  perkembangan situasi saat ini semakin membutuhkan kecepatan dan juga ketepatan dalam penangannya. Tidak hanya itu,  Dr. Eko Widodo juga memberikan penjelasannya bahwa, baik kehidupan organisasi maupun korporasi dalam berbagai bentuknya harus dapat bertahan dan terus berkembang dalam ketidakpastian saat ini. Hal itu tentunya tidak lepas dari manajemen krisis, sehingga dalam diskusi online itu melahirkan ide, yaitu perlu adanya suatu kelompok studi yang secara khusus membahas mengenai Manajemen Krisis serta Audit Komunikasi. Hal ini didukung oleh tiga alasan utama, yaitu pertama, meskipun bersifat universal, manajemen krisis memiliki ketergantungan pada karakter serta bidang bisnis dari organisasinya. Kedua, dengan adanya pemetaan serta pembelajaran dari berbagai kasus krisis, dapat dibangun secara konseptual strategis pencegahan krisis serta penanganan krisis yang lebih cepat dan juga tepat. Ketiga, salah satu alat yang bisa dijadikan monitoring dalam mengidentifikasi krisis adalah sosial media, namun perlu dilakukan optimalisasi dalam pengelolaannya.

 

 

Kemunculan ide mengenai kelompok studi Manajemen Krisis serta Audit Komunikasi ini bermula dari keprihatian Dr. Y. M. Dorien Kartikawangi, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya. Sebagai upaya serta wujud nyata kontribusi prodi dan khususnya Ilmu Komunikasi dalam memberikan alternatif solusi bagi berbagai pihak, beliau menyatakan “Upaya ini tentunya tidak dapat dilakukan sendiri, dibutuhkan kolaborasi profesional, pemerintah, masyarakat, serta media”. Beliau juga menambahkan bahwa “Kolaborasi ini merupakan wujud kerjasama perguruan tinggi dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang sangat didorong oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Dirjen Dikti” . Oleh karena itu, hasil pemikiran yang telah disampaikan dalam diskusi online ini telah disepakati dan bisa menjadi kontribusi pemikiran ke tingkat global dengan membawa perspektif Indonesia serta regional Asia. Sampai jumpa di diskusi-diskusi berikutnya!

 

#komunikasi_uaj #schoolofcommunication #schoolofcommunicationuaj #unikaatmajaya #banggaatma