ASK
ME

REGISTER
NOW

Tips dan Trik Mendaftar Beasiswa Australia Development Service

3/4/2012 12:00:00 AM

Kebetulan tahun ini saya cukup "hoki" untuk bisa dapat ADS Scholarship 2012 dan mengingikuti jejak Dwi Anggun Septiana Suciptan (ADS 2011) dan Frisca Tj (ADS 2010), jadi bisa dikatakan bahwa setiap tahun ADS selalu "menyumbang" scholarship kepada anak FTb dan tidak ada salahnya apabila tradisi ini dilanjutkan?? Saya tahu kok sudah ada beberapa anak FTb yang minat hehehe... dan melalui tulisan ini saya hanya mau "share: saja tip-tip dan trik supaya lolos seleksi ADS berdasarkan pengalaman saya dan cerita beberapa ADS awardee (tentunya selain dari anak FTb juga).

Saya belum bisa share tentang Uni di Australia apalagi soal hidup di sana karena saya saja masih menjejakkan kaki di Jakarta dan belum menghirup napas di Australia.. nanti kalo sudah sampai bertemu koala dan kangguru disana baru diceritakan lagi ya.. sekarang ini cuma share proses paling awal, karena untuk tahun ini ADS 2012-2013 pendaftaran dibuka lebih cepat daripda tahun sebelumnya yaitu mulai dari 12 Maret sampai 17 Agustus 2012, jadi mau tidak mau persiapannya harus dilakukan dari sekarang (keterangan lebih lengkap bisa dilihat di laman 
http://australiaawardsindo.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=53&Itemid=66&lang=en)

Secara umum, bisa dikatakan ADS ini salah satu beasiswa yang paling "generous", baik dari segi financial maupun seleksi.. O,ya ADS tahun ini dibuka buat 500 kandidat (lebih banyak dari thn lalu). 
karena kita bukan PNS (kebanyakan bukan kan? kalo ada then good for you ^^ quotanya lbh banyak) maka kita masuk dalam kelompok "Open" dimana peluangnya itu 1/3 dari total (2/3 untuk "Public"). Tapi bukan berarti peluang kita jadi mengecil.. peluangnya menurut saya sama saja karena pendaftar di kategori "Open" juga tidak sebanyak PNS kan?

Anyway, yang pertama-tama harus disiapkan adalah mengisi Application Form-nya dan memilih apakah kita mau "Master by Coursework", yang isinya kuliah terus tanpa thesis, "Master by Research", yang isinya riset terus tanpa kuliah, atau "Master by Combination", gabungan kuliah dan riset.

Bagi yang pengen ambil "Master by Research" atau "Combination" maka mereka harus menyiapkan proposal penelitian. Ini penting karena ini yang dilihat oleh ADS selain nilai GPA dan Inggris kita. Untuk master, proposal penelitiannya tidak perlu terlalu rincil, it could be general idea tapi kalian harus jelas tujuannya apa dan manfaat yang bisa diperoleh Indonesia itu apa.

Ingat, ini Australian Development Scholarship, fokus mereka adalah bagaimana kita bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi Indonesia melalui bidang kita. Jadi, tunjukkan kalo kalian itu bisa memberikan kontribusi yang besar dan rugi kalo mereka ga milih kita harus sedikit menyombongkan diri-lah kalau bisa dibilang...hehehe..

Terus, isi formnya yang lengkap dan penuhi smua requirements-nya.. untuk master ada beberapa yang optional seperti CV dan rekomendasi. Tapi akan lebih bagus kalo kalian bisa mememberikannya terutama untuk rekomendasi. 1 aja cukup tapi 2 lebih bagus ^^
dari pengalaman yang belum berhasil dapat ADS, sebagian besar krn mereka tanpa surat rekomendasi. Ditulisnya OPTIONAL tapi kalo kita bisa memberikan lebih, why not? that‘ll give the more reason for them to pick us ^^

Juga unttk ijazah dan transkrip, langsung dilengkapi saja dengan yang bahasa inggris sewaktu penyerahan aplikasinya. Dan juga sama halnya untuk akte lahir.

Intinya adalah semakin lengkap semakin baik ^^

Dan tidak perlu takut mengirim aplikasinya mepet waktu sampai hari terakhir mereka masih terima dan tidak akan dianaktirikan. O,ya...buat yg berdomisili di Jakarta, lebih baik langsung mengantarkan ke kantornya saja jadi ga perlu deg-degan memikirkan aplikasinya sampai atau tidak..

Lalu, yang penting lagi adalah nilai tes bahasa inggris! bisa IELTS atau TOEFL kalau memang sudah pernah tes dan masi berlaku.. kalau belom sih, saran saya (seperti yang disarankan Ibu Dwi ^^) ambil TOEFL ITP saja.. TOEFL institutional.. harganya jauh lebih murah dibandingkan ambil TOEFL IBT ato IELTS.. sayang juga kalo bayar mahal2 karena nantinya kalau kalian masuk ke dalam short list ADS, kalian akan diuji lagi kemampuan cas cis cus-nya lewat IELTS dan kali ini gratis karena dibayari IELTS ^^

Penuhi semua requirements-nya, jangan lupa nilai TOEFL/IELTS-nya, research proposal bagi yg ambil Master by Research atau Combination dan yang terakhir berdoa dan minta restu Ibu ^o^

Kalau kalian lolos dan masuk short list maka tahap pertama uda lewat dan saatnya penyaringan terakhir. Tahap terakhirnya adalah tes IELTS dan Interview.

Kalo tes IELTS ya layaknya ujian bahasa inggris jadi saya rasa uda pada jagoan smua sich hehehe..

Untuk Interview, qta akan di-interview ama 2 org, 1 Indo dan 1 Bule, mereka dateng dari berbagai background tapi umumnya uda dibagi sesuai bidangnya. dan pertanyaannya sich seputar background study qta, alasan kenapa qta milih bidang master qta dan research proposal (kalo ada).
Yang perlu diinget, lamanya interview ga melambangkan keterima ato ga ^^ bisa aja interviewnya cepet krn mnrt mereka, mereka uda puas dng jawaban qta jadi ga perlu takut kalo2 qta diinterviewnya koq cepet.
Lalu, walopun interviewnya dlm bhs inggris tapi mereka ga memperhatikan grammar qta krn ini bukan tes bhs inggris. Mereka cuma mau liat bgm qta "menjual" diri qta.
Gpp inggrisnya belepotan yang penting pede aja ^^ klo ga ngerti nanti yg org Indo-nya akan membantu~

Stlh lewat tes IELTS dan interview, that‘s it! the process is done dan b‘arti tinggal tunggu jawabannya aja \(^o^)/

So, oleh karena pendaftarannya sebentar lagi jadi bagi yang mau daftar, selamat berjuang ya!!! oya kalo mau nanya2 silakan ya ^^ ato bisa ke Dwi ato Frisca sich krn mereka da duluan tp minta ijin dulu ya hahahahaha.....

Good luck guys!!!

 

Catatan:

Maria Melissa Kartawinata adalah alumni Fakultas Teknobiologi angkatan 2004