ASK
ME

REGISTER
NOW

TIM MAN Insan Cendikia Serpong Menjuarai Kegiatan Academic Science Fair 2013 Himpunan Mahasiswa Elektro Prodi Teknik Elektro UAJ

01/31/2013 00:00:00


Academic Science Fair adalah kegiatan kompetisi fisika tahunan yang diselenggarakan bagi siswa-siswa SMA untuk membangun pemikiran positif dalam belajar fisika. Pada tahun 2013 ini, ASF diselenggarakan pada tanggal 28 dan 29 Januari 2013 kemarin di gedung Yustinus lantai 14. ASF terselenggara berkat kerja-keras dan inisiatif dari Himpunan Manasiswa Teknik Elektro (HME). ASF 2013 ini disponsori oleh Kompas Gramedia dan mengusung tema “Expand Your Physics and Robotic Experience at UNIKA Atma Jaya” atau yang disingkat EUREKA. Sesuai dengan tema tersebut maka para siswa SMA akan diperkenalkan dengan dunia robotik sambil mengasah kemampuan mereka dalam fisika yang seringkali dianggap pelajaran yang susah dan membosankan.

ASF 2013 ini diikuti oleh 20 tim dari 12 SMA dan sederajat se-Jabodetabek. Adapun sekolah yang berpartisipasi pada ASF 2013 kali ini adalah MA Insan Cendikia Serpong, SMAK Penabur Gading Serpong, SMA Budi Mulia, SMA Fons Vitae 1, SMAK IPEKA Pluit, SMA Islam Cikal Harapan, SMA Angkasa, SMAK IPEKA Tomang, SMA Ora Et Labora, SMAK 4 BPK Penabur, SMAK Penabur Bintaro Jaya, dan SMAN 8 Jakarta.

Babak penyisihan pertama berupa 60 soal pilihan ganda tertulis. Babak ini menyaring 10 dari 20 tim yang berpartisipasi. Dan 10 tim yang lolos ke babak penyisihan kedua adalah 3 tim dari MAN Insan Cendikia Serpong, 2 tim dari SMAK Penabur Gading Serpong, 1 tim dari SMA Budi Mulia, 1 tim dari SMAK IPEKA Pluit, 1 tim dari SMA Fons Vitae 1, SMAK 4 BPK Penabur, dan SMAK IPEKA PLUIT. Dari babak penyisihan kedua tersebut, tersaringlah 5 tim yaitu 3 tim dari MAN Insan Cendikia Serpong serta 2 tim dari SMAK Gading Serpong.

Pada babak final, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, panitia ASF 2013 bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI bidang ilmu fisika serta Bapak Stephanus Ivan Goenawan dan Bapak Karel Octavianus Bachri selaku juri dari tuan rumah. Adapun babak final ini sendiri berupa serangkaian percobaan atau praktikum sederhana.

Dari babak final ini diperoleh 3 tim juara dengan akumulasi nilai tertinggi. Adapun pemenang dari ASF 2013 ini adalah Ghulam Zaky dan Luthfi Naufan Yamin dari MAN Insan Cendikia Serpong sebagai juara pertama dengan perolehan nilai sebesar 37 poin, Josephine Monica dan Kristo Nugraha Lian dari SMAK Penabur Gading Serpong sebagai juara kedua dengan perolehan nilai sebesar 35.55 poin, serta Amrul Mufid dan Muhammad Himi Al Fatih dari MAN Insan Cendikia sebagai juara ketiga dengan perolehan nilai sebesar 33.55 poin. Dengan hasil ini, maka piala bergilir yang sebelumnya dipegang oleh SMAK Penabur Gading Serpong resmi berpindah tangan.


(pte: aap)