ASK
ME

REGISTER
NOW

UPACARA BENDERA SUMPAH PEMUDA

10/30/2013 00:00:00

Pada awalnya adalah semangat. Semangat untuk lepas dari penjajahan. Semangat untuk merdeka. Semangat untuk berdiri di atas kaki sendiri. Dan semangat itulah yang kemudian menjadi nyala api yang membakar segenap jiwa dan raga bangsa Indonesia sehingga tercapailah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Semangat itu telah dikumandangkan pada pemuda-pemudi bangsa ini pada 28 Oktober 1928. Semangat itu yang kemudian dikenal dengan “Sumpah Pemuda”.

 

Pada tanggal 28 Oktober 2013 ini, Fiabikom mendapat giliran untuk menggelar upacara dalam memperingati 85 tahun Sumpah Pemuda berkumandang. Upacara dilangsungkan dengan khidmat di depan gedung Karol Wojyla Unika Atma Jaya. Upacara yang dimulai pukul 07.45 ini, dipimpin oleh Dekan Fiabikom. Dr. A. Prasetyantoko selaku inspektur upacara. Dalam sambutannya beliau menekankan kembali bahwa Unika Atma Jaya dibangun atas dasar semangat kebangsaan yang dijiwai oleh para pendirinya. Semangat untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, menjadi landasan awal para pendiri Unika Atma Jaya untuk membangun kampus tercinta ini.

 

Penghormatan kepada Inspektur Upacara : Dr. A. Prasetyantoko

 

Penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih

 

Peserta Upacara dihadiri oleh Pimpinan Universitas, Pimpinan Unit serta staf

 

Generasi muda harus tidak boleh lupa akan adanya semangat kebangsaan ini. Tantangan ke depan lebih berat. Perlu-insan-insan kreatif yang mau bekerja keras dan cerdas untuk mengisi kemerdakaan yang telah kita capai ini. Jika generasi muda tidak mampu mengatasi tantangan yang ada, maka bangsa ini akan kembali ke era penjajahan, dimana apa yang kita lakukan hanya untuk kepentingan bangsa lain semata.

 

Upacara ini dihadiri oleh seluruh warga Unika Atma Jaya. Jajaran rektorat, perwakilan dari fakultas, mahasiswa karyawan pendidik, karyawan kependidikan semuanya berpartisipasi dalam kegiatan ini. Juga hadir dalam acara ini adalah para penerima bea siswa Unika Atma Jaya. Sementara pengibar bendera adalah dari resimen mahasiswa dan diiringai lagu-lagu dari Unit Paduan Ssuara Unika Atma Jaya. Upacara berlangsung dengan sukses. Semoga semangat Sumpah Pemuda, selalu mengiringi kita dalam berkarya di Unika Atma Jaya tercinta ini. (Eko Widodo)