ASK
ME

REGISTER
NOW

DR. DORIEN KARTIKAWANGI BERBICARA DALAM WEBINAR AI DAN PUBLIC RELATIONS DI UKSW SALATIGA

08/28/2021 00:00:00

Kita saat ini hidup di dalam masyarakat yang berjejaring, namun sayangnya jejaring yang ada tidaklah stabil. Ini menimbulkan masalah tersendiri. Selain itu dengan kemajuan teknologi yang semakin tinggi, teknologi atau mesin dapat melakukan segalanya, bahkan dikhawatirkan bisa menggantikan pekerjaan manusia di masa depan. Tidak terkecuali pekerjaan public relations. Ini yang dibahas dalam webinar ini.

AI bisa melakukan beberapa hal: menyerderhanakan pekerjaan, social listening, otomatisasi pekerjaan, dan mengelompokkan data. Sesuatu yang dikhawatirkan, AI saat ini bisa berperan dalam membaca atau mengelompokkan berbagai individu ke dalam kelompok tertentu secara otomatis. Kemerdekaan atau otonomi individu mencari terancam. Mesin pencari bisa mengidentifikasi diri kita. Ini menjadikan medin menjadi lebih kuat dari kemampuan manusia. Dalam kesempatan ini, mbak Dorien juga banyak menyinggung banyak teori yang dikembangkan oleh Manuel Castels yang memang banyak membahas tentang masyarakat berjejaring (network society) ini.

Selain menghadirkan Dr. Dorien Kartikawangi, dalam diskusi ini juga dihadirkan sebagai narasumber juga adalah Dr Andry Alamsyah dari Telkom University dan Arya Gumilar selaku General Manager BAYK Strategic Sustainability. Diskusi dipimpin oleh Dr. Rini Darmastuti selaku Ketua Pusat Studi Komunikasi Budaya dan literasi Media UKSW Salatiga.