ASK
ME

REGISTER
NOW

Kunjungan Ilmiah FIABIKOM ke Trans TV dan CNN Indonesia

11/15/2014 00:00:00

Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) Unika Atma Jaya mengadakan kunjungan ilmiah (kunil) bertemakan Marketing Public Relations ke Trans TV dan CNN Indonesia, Selasa (11/11). Kunjungan ini diikuti oleh 100 mahasiswa FIABIKOM, dan beberapa mahasiswa perwakilan dari fakultas lain.

 

Memperkenalkan dunia Marketing Public Relations secara langsung kepada mahasiswa tidaklah sulit, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa FIABIKOM. Pukul 12 siang, mahasiswa berkumpul di areal parkiran kampus, kemudian dengan teratur mereka menaiki bus yang sudah disediakan oleh panitia kemudian menuju ke Trans TV. Bersinarkan matahari yang terik tak menyurutkan antusiasme mereka untuk mengikuti kunjungan ilmiah ini.

Suasana kuliah bersama Ishadi SK, di Auditorium Bank Mega, TransTV

 

Usaha mereka ternyata berbuah manis. Selain tur keliling gedung dan studio saat ON maupun OFF AIR,mahasiswa mendapat kesempatan belajar langsung bersama komisaris Trans TV, Ishadi SK, di Auditorium Bank Mega, Gedung Trans TV, yang berlokasi di  Jalan Kapten P. Tendean no 12-14a, Jakarta. Kuliah lapangan oleh Ishadi SK ini bertemakan tentang value bagi generasi muda. Di sini mahasiswa termotivasi memupuk nilai pribadi yang harus dimiliki agar mampu bersaing di era globalisasi.

 

Selain dari Ishadi SK, mahasiswa juga mendapat pelajaran langsung dari Marketing Public Relations Trans TV, Hadi Lubis. Dalam kuliah lapangan yang berlangsung setengah hari tersebut, mahasiswa memperoleh banyak informasi mengenai seluk beluk perusahaan media, terutama Trans Media.

 Mahasiswa saat berada di Kantor CNNIndonesia.com

 

Selanjutnya, mahasiswa dibawa menuju lokasi kantor CNN Indonesia, yang berlokasi di kawasan Warung Jari Barat Raya 75, Jakarta. Bagi CNN Indonesia, mahasiswa Atma Jaya adalah pengunjung pertama, sejak mereka melaunching portal online CNN Indonesia.com, tiga minggu lalu. Bahkan mahasiswa langsung mendapat tawaran kesempatan magang dari Wakil Pemimpin Redaksi CNN Indonesia, Nezar Patria. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para mahasiswa. Dengan cekatan mereka menanggapi dengan menggali informasi lebih dalam seputar dunia kerja media online seperti CNN Indonesia.com dan detik.com, yang juga bagian dari Grup Trans Media. CNN Indonesia ini adalah salah satu lisensi perusahaan berita  dari Atlanta yang dibeli oleh CT Corporation.

 

Usai mahasiswa mengeksplorasi informasi mengenai perusahaan media online di CNN Indonesia, mahasiswa kembali ke kampus Unika Atma Jaya. Kunjungan ilmiah seperti ini diharapkan dapat dilakukan rutin tiap semester, sehingga dapat memberikan gambaran riil mengenai perusahaan sekaligus profesi yang ada di dalamnya. Dengan demikian mahasiswa dapat menentukan dengan jelas profesi apa yang akan mereka geluti nantinya. (Ni Luh Ratih)