ASK
ME

REGISTER
NOW

Training of Trainers Media Literacy

11/11/2013 00:00:00

 

 

 

 

Sambutan Dekan FIABIKOM, Dr. Prasetyantoko

 

Kamis, 7 November, 2013, Program Studi Komunikasi, Unika. Atma Jaya, Jakarta bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) kepada mahasiswa dengan topik Media Literacy di ruang Multimedia, Unika. Atma Jaya.Dr. Prasetyantoko selaku Dekan FIABIKOM membuka acara dengan menyampaikan sambutan dihadapan 40 peserta yang berasal dari berbagai universitas di Jakarta. Hadir juga dalam acara tersebut adalah Ketua KPI Pusat, Judhariksawan dan beliau memberikan pencerahan kepada mahasiswa mengenai pentingnya memahami media literacy.

 

 

Roni Kusuma, Direktur Indigo, menyampaikan materi

 

Ir. Machroni Kusuma atau yang biasa disapa dengan Roni Kusuma menjadi pembicara pertama membawakan materi dengan topik Memproduki Program Televisi yang Diminati Pemirsa dan Iklan. Mantan penyiar acara olahraga yang kini menjadi pimpinan Indigo ini mengatakan bahwa adal 5 hal yang menjadi basic information untuk memahami industri televisi yaitu mengetahui stasiun televisi apa, memahami positioning televisi tersebut, mengetahui rencana jam tayang, mengetahui profil pemirsa pada jam tayang tersebut serta rencana genre dan format penayangan program. Roni selanjutnya menegaskan bahwa iklan adalah tolak ukur yang paling utama dalam industri televisi. Jika program tidak diminati oleh pengiklan maka tidak mungkin akan dilanjutkan penayangannya.

Salah seorang peserta sedang mengajukan pertanyaan

 

Pembicara terakhir adalah Dr. Dorien Kartikawangi, dosen Prodi. Komunikasi, Unika. Atma Jaya, Jakarta yang membawakan materi public speaking. Topik ini penting agar mahasiswa yang menjadi trainer mengetahui teknik berbicara dan menyampaikan informasi dihadapan khalayak. Mahasiswa diberi penjelasan terkait pemilihan topik dan tujuan serta bagaimana mengenal audience.