ASK
ME

REGISTER
NOW

Tanah Adat di Indonesia

2/28/2007 12:00:00 AM


Penulis/Peneliti: J.M. Henny Wiludjeng

Jenis: Bibliografi Beranotasi

Volume: 2

Tahun: 1998

Bibliografi beranotasi tentang tanah adat volume 2 ini merupakan lanjutan bibliografi tanah adat volume 1 yang diterbitkan 1996. Bibliografi ini disusun sebagai pelengkap proyek penelitian tanah adat di Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Unika Atma Jaya Jakarta (sekarang bernama Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat Unika Atma Jaya) bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Pertahanan Nasional. Namun demikian bibliografi ini juga dimanfaatkan oleh para peneliti maupun pencari informasi mengenai tanah adat di Indonesia. Yang dimaksud dengan tanah adat di sini adalah tanah yang dikuasai oleh hukum adat setempat, baik yang dikuasai oleh perseorangan maupun bersama.

Volume 2 ini memuat 100 entri anotasi dari buku, laporan penelitian, makalah seminar/pertemuan ilmiah, dan artikel jurnal koleksi Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat Unika Atma Jaya Jakarta (sebelumnya bernama Pusat Penelitian Unika Atma Jaya).

Susunan penulisan bibliografi:

  1. UMUM, artinya isi penulisan tidak hanya menyangkut daerah tertentu.
  2. KHUSUS, artinya isi penulisan hanya menyangkut daerah tertentu.


Anotasi yang disajikan disusun menurut urutan abjad wilayah disertai urutan abjad nama pengarangnya. Tiap entri anotasi terdiri dari: nama dan tahun terbit, kolasi (jumlah halaman), anotasi, dan kata kunci.]

Bibliografi ini dilengkapi dengan indeks pengarang dan indeks kata kunci. Kata kunci diambil dari makrotesaurus (dengan modifikasinya) dalam bahasa Indonesia yang telah diterjemahkan oleh Pusat Penelitian Unika Atma Jaya Jakarta dari semua istilah di OECD Macrothesaurus dan sebagian istilah di UNESCO/IBE Education Thesaurus dan KITLV Macrothesaurus.

ISBN: 979-8827-28-7