ASK
ME

REGISTER
NOW

Tanah Adat

2/28/2007 12:00:00 AM


Penulis/Peneliti: J.M. Henny Wiludjeng

Jenis: Bibliografi beranotasi

Volume: 1

Tahun: 1996

Bibliografi volume 1 ini disusun terutama untuk keperluan para peserta semiloka tentang tanah adat di Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Unika Atma Jaya Jakarta bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Pertahanan Nasional pada tanggal 3-5 September 1996. Selain itu bibliografi ini juga dapat dimanfaatkan oleh para peneliti maupun pencari informasi tentang tanah adat.

Yang dimaksud dengan tanah adat dalam volume ini adalah tanah yang dikuasai hukum adat setempat, dan anotasi ditekankan pada tanah hak bersama persekutuan hukum adat atau yang umum dikenal dengan tanah hal ulayat.

Volume 1 ini memuat 52 entri anotasi dari buku, laporan penelitian, makalah seminar/pertemuan ilmiah, dan artikel koleksi Pusat Penelitian Unika Atma Jaya Jakarta.

Susunan penulisan bibliografi:

  1. Umum, artinya isi penulisan tidak hanya menyangkut daerah tertentu.
  2. Khusus, artinya isi penulisan hanya menyangkut daerah tertentu.


Anotasi yang disajikan disusun menurut wilayah dan urutan tahun terbit, sedangkan judul tulisan diurut menurut abjad. Tiap entri anotasi terdiri dari: nama pengarang (bila ada), judul karangan, tempat, nama dan tahun terbit, kolasi (jumlah halaman), anotasi, dan kata kunci.

Bibliografi ini dilengkapi dengan indeks pengarang dan indeks kata kunci. Kata kunci diambil dari makrotesaurus dalam bahasa Indonesia yang telah diterjemahkan oleh Pusat Penelitian Unika Atma Jaya Jakarta dari semua istilah di OECD Macrothesaurus dan sebagian istilah di UNESCO/IBE Education Thesaurus dan KITL V Microthesaurus.