ASK
ME

REGISTER
NOW

FOCUS GROUP DISCUSSION TENTANG MEDIA DAN SUSTAINABILITY

05/13/2022 00:00:00

Isu tentang keberlanjutan (sustainability) merupakan isu yang sangat menarik untuk dicermati di masa depan. Sekarang saja, dalam kehidupan keseharian kita, kita rasakan bahwa cuaca di sekitar kita terasa lebih panas dari biasanya. Disamping itu kualitas lingkungan hidup banyak yang mengalami degradasi. Setelah dunia selesai dengan pandemi Covid-19 ini, masalah besar berikutnya yang perlu ditangani secara global adalah masalah yang terkait dengan faktor perubahan iklim global. Ini merupakan masalah yang cukup pelik, kompleks dan besar sekali. Oleh karenanya tidak mungkin hanya diselesaikan oleh 1-2 negara saja, seluruh dunia harus kompak untuk mengatasi masalah perubahan iklim yang mengancam kehidupan manusia ini.

Untuk membahas masalah terkait dengan Sustainability ini, Unika Atma Jaya membuat berbagai event yang bekerjasama dengan berbagai pihak agar gaung sustainability ini semakin menggema dan tidak hilang ditelan keriuhan jaman. Salah satu kerjasama yang dilakukan adalah, membuat program bersama dengan University of Vienna Austria, untuk melakukan berbagai hal terkait dengan masalah sustainability ini. Pada tanggal 29 April 2022, bertempat di gedung K2 diselenggarakanlah pertemuan informal antara Prof. Dr. Thomas A. Bauer dari University of Vienna, Austria dengan media yang membahas masalah tentang peran media massa dalam masalah sustainability ini. Media massa memiliki posisi yang sangat penting dalam mennginformasikan dan mengimplementasikan segala hal yang terkait dengan masalah sustainability ini.

Beberapa lilitan dari media tentang dialog yang terjadi dapat dilihat dalam liputan media berikut ini:

Dari kompas.id: Komunikasi Bermakna dari Pers Mengedukasi Masyarakat - Kompas.id

Dari kantor berita antara: Peran penting media terhadap keberlanjutan - ANTARA News

Dari yahoo.berita: Peran penting media terhadap keberlanjutan (yahoo.com)

Dari ingatberita.com: Diskusi Roundtable, Media and Sustainability: Media Beperan Penting Terhadap Isu Keberlanjutan - Ingetberita.com