ASK
ME

REGISTER
NOW

Addiction Medicine Summer Course - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya

2/20/2019 12:00:00 AM

 

 

 

Latar Belakang

Adiksi adalah kondisi medis kronis dan berulang yang melibatkan sirkuit otak, khususnya sistem yang mengatur reward, motivasi, dan memori. Kondisi ini bermanifestasi pada perilaku kompulsif, seperti menggunakan zat psikoaktif, bermain game online, berjudi, dsb. Di dalam International Classification of Diseases versi 11 (ICD 11), adiksi termasuk di dalam kelompok gangguan mental, perilaku, dan perkembangan neurologis, yaitu sebagai gangguan akibat penggunaan zat dan gangguan akibat perilaku adiktif. Pemahaman adiksi sebagai kondisi medis beserta dampaknya perlu dipahami oleh para dokter, terutama untuk promosi dan pencegahan, upaya deteksi dini serta penanganan awal pasien dengan masalah adiksi.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya telah memiliki Blok Kedokteran Adiksi sejak tahun 2009 sebagai blok elektif untuk mahasiswa tahun keempat. Sejak tahun 2018, blok ini dibuka sebagai summer school bagi mahasiswa kedokteran dari seluruh Indonesia dan internasional yang tertarik untuk mempelajari ilmu kedokteran adiksi. Summer school ini menawarkan empat modul yang dapat dipilih secara terpisah oleh para mahasiswa.

 

Tujuan:

  1. Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang ilmu kedokteran adiksi, termasuk konsep dasar, berbagai aspek klinis, dan isu-isu lain yang terkait.
  2. Meningkatkan kemampuan klinis mahasiswa terkait masalah adiksi, khususnya penyuluhan, deteksi dini, dan intervensi psikososial awal.

 

Materi:

Modul 1: The Science of Addiction

Periode: 12 – 16 Agustus 2019

Memahami konsep dasar dan patofisiologi adiksi, farmakologi zat psikoaktif, epidemiologi masalah adiksi serta kebijakan tentang adiksi dan penggunaan zat psikoaktif di Indonesia.

Modul 2: Clinical Aspects of Addiction

Periode: 19 – 23 Agustus 2019

Memahami tatalaksana masalah penggunaan zat dan berbagai metode terapi adiksi zat psikoaktif (berbasis rumah sakit, komunitas, dan therapeutic community). Termasuk kunjungan lapangan ke Rumah Sakit Ketergantungan Obat dan Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional.

Modul 3: The ‘New Trend’ in Addiction

Periode: 2 – 6 September 2019

Memahami New Psychoactive Substance, adiksi obat resep, dan adiksi perilaku.

Modul 4: Skills Training (Workshops)

Periode: 9 – 12 September 2019

Mampu melakukan konseling adiksi, deteksi dinimasalah penggunaan zat psikoaktif dengan menggunakan instrumen Alcohol Smoking Substance Involvement Screening Test (ASSIST), dan memberikan Brief Intervention, serta penyuluhan untuk pencegahan masalah adiksi.