ASK
ME

REGISTER
NOW

MENKOMINFO RI BAPAK RUDIANTARA MEMBUKA TEMU ALUMNI SEWINDU PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIKA ATMA JAYA

11/07/2017 00:00:00

Merupakan suatu kehormatan tersendiri bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, bapak Rudiantara berkenan memberikan pidato utama (keynote speaker) dalam acara Temu Alumni Sewindu program studi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya. Acara ini digelar di gedung Yustinus lantai 14 pada tanggal 20 Oktober 2017.

 

Dalam paparannya bapak Rudiantara, menekankan pentingnya bangsa Indonesia untuk siap menghadapi perubahan yang terjadi, khususnya perubahan yang dibawa karena kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Perubahan ini telah merasuk dalam segala bidang kehidupan dan merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan lagi. Perguruan tinggi harus siap menghadapi hal ini. Beliau mengusulkan pembukaan program studi baru yang lebih responsif terhadap perkembangan ini misalknya pembukaan program studi Sosial Media, Digital Content dan lain sebagainya.

 

 

 

 

Perubahan akan datang dan itu tidak bisa dihindari, beliau mencontohkan dulu generasi awal taxi di Jakarta umumnya tidak memakai argo meter. Kemudian muncullah taxi yang berargo meter. Taxi yang tidak berargometer melancarkan protes terhadap taxi yang memiliki argo meter ini. Sekarang  yang terjadi taxi yang memiliki argo meter juga protes terhadap taxi yang menggunakan teknologi yang lebih baru yaitu taxi on line. Dan itu akan terjadi terus-menerus. Perkembangan teknologi yang terjadi, akan memakan korban di sisi pihak yang belum siap beradaptasi dengan kemunculan teknologi itu.

 

Selain itu menteri Rudianta juga memaparkan tekad pemerintah dalam membangun ifrastruktur teknologi informasi ini. Saat ini usaha pemerintah adalah membangun teknologi 4G yang dapat diakses secara merata di seluruh tanah air, ini dimaksudkan agar kesenjangan pembangunan antar daerah di Indonesia tidak menjadi semakin lebar.

 

Setelah keynote speaker dari menteri Rudiantara, acara dilanjutkan dengan talk show yang mengambil tema “Industri Kreatif Bebasis Digital: Tantangan dan Peluang” menghadirkan pembicara bapak Henri Kasyfi Soemartono yang merupakan sekretaris jendral Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Nara Sophiaan, Digital Strategist NUFOLDER yang juga merupakan alumni pertama prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya. Talk Show ini dimoderatori oleh Dr. Nia Sarinastiti dari prodi Ilmu Komunikasi. (Eko Widodo)