ASK
ME

REGISTER
NOW

PENGHARGAAN TANETE PONG MASAK DALAM FESTIVAL FILM INDONESIA 2021

10/11/2021 00:00:00

Ada peribahasa di Indonesia yang cukup terkenal yang berbunyi "Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang"? Artinya adalah orang yang selalu berbuat baik, jika meninggal dunia kebaikannya akan selalu dikenang. Ini yang terjadi dengan Dr. Tanete A. Pong Masak mantan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (Fiabikom) Unika Atma Jaya yang namanya diabadikan sebagai nama penghargaan khusus – kritik film terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

Pak Tanete merupakan merupakan cendekiawan Indonesia yang mendalami masalah perfilman. Ini merupakan bidang kajian yang langka di Indonesia. Buku beliau yang berjudul Sinema pada masa Soekarno merupakan buku yang membahas masalah sejarag film di Indonesia yang masih jarang dikaji secara ilmiah. Penghargaan ini menunjukkan bahwa ketekunan pak Tanete dalam memulai membahas masalah perfilman di Indonesia secara ilmiah telah mendapatkan pengakuan dari banyak banyak pihak. Karya beliau telah menginspirasi banyak pihak untuk melakukan kritik film sebagai bagian yang penting dalam perkembangan kajian perfilman di Indonesia.

Pak Tanete mendapatkan gelar S3 dari Ecole des Hautes Etudes en Sciences Sociales (EHESS), Paris, Perancis dibawah bimbingan  dari sejarawan dan Indonesianis ternama Prof. Dr. Denys Lombard. Tanete Pong Masak dilahirkan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, pada 6 Agustus 1953. Setelah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD), ia masuk Seminari Menengah. Pada tahun 1973-1976, ia masuk ke Universitas Hasanudin, Fakultas Sastra jurusan Sastra Inggris. Dari studinya terhadap bahasa itu lah yang membawanya menerima beasiswa Pemerintah Prancis (1976-1980) untuk studi tentang linguistik terapan dan budaya Perancis, di Universite de Franche-Comte, Besancon, Prancis. Setelah itu, Masak mengambil doktor untuk bidang sejarah sosial dan sinema di EHESS Paris.

Informasi yang lengkap tentang nominasi penghargaan yang diberikan dalam ajang FFI 2021 dapat dibaca dalam tautan berikut ini. https://seleb.tempo.co/read/1515845/daftar-nominasi-festival-film-indonesia-2021