ASK
ME

REGISTER
NOW

Talk Show: Jadi Pengusaha so What Gitu Loh!

11/15/2006 00:00:00
Di Gedung Yustinus lantai 14, tanggal 7 November 2006 diadakan seminar dan talkshow bertajuk "Jadi Pengusaha So What Gitu Lho" atas prakarsa EO King‘s Production. Acara tersebut menampilkan tiga pembicara yaitu Purdi E.Chandra, SE, MBA, pendiri Primagama Group, I.G. Agung Rai Kusuma Yudha yang populer dengan nama Ade Rai, atlet binaraga yang merintis usaha di bidang kebugaran serta Kurniati Kamalia, yang lebih dikenal dengan nama Titi Kamal, artis dan pengusaha restoran.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Dr.rer.pol. A.Y. Agung Nugroho, Dekan FIA, dilanjutkan sambutan dari Singgih Ario sebagai Ketua EO King’s Production. Pembicara pertama Bpk Purdi didampingi Bpk Aristo Surya SE. MM, dosen FIA yang bertugas sebagai moderator, mengetengahkan konsep Cara Gila Jadi Pengusaha. Pak Purdi menekankan tindakan –action- dan kreatifitas –penggunaan otak kanan- sebagai kiat untuk memulai usaha. Juga didukung dengan konsep BODOL (berani optimis dengan duit orang lain), BOTOL (berani optimis dengan tenaga orang lain) serta BOBOL (berani optimis dengan bisnis orang lain). Ketiga konsep tersebut menyatakan bahwa modal usaha dapat berasal dari pinjaman, ketrampilan untuk memproduksi dapat memanfaatkan tenaga orang lain, dan jenis usaha dapat dimulai dengan mencontoh usaha orang lain. Kegiatan mencontoh usaha orang lain diterjemahkan Pak Purdi dengan kegiatan franchise.

Bincang-bincang berikutnya mengetengahkan usaha dengan latar belakang hobi. Dengan didampingi Bpk Aristo Surya, Ade Rai memaparkan usahanya yang dimulai dengan keprihatinan akan minimnya informasi dan rendahnya kesadaran masyarakat tentang kebugaran. Menurut Ade Rai, sekian tahun silam olah raga kebugaran –fitness- hanya untuk anak muda laki-laki yang ingin memperbesar otot-ototnya. Berangkat dari kondisi tersebut, Ade Rai membuka klub kebugaran dengan menggunakan alat-alat fitness buatan lokal. Kelebihan usaha yang didasarkan pada hobi antara lain lebih memahami kondisi lapangan serta memiliki motivasi dan komitmen yang lebih tinggi terhadap keberhasilan usaha.

Titi Kamal sebagai pembicara ketiga didampingi Ibu Nina Juliana, S.Sos, dosen FIA dan pemimpin majalah “Go Girl!” memaparkan usaha restoran yang menawarkan masakan Sunda. Di Jakarta bernama Restoran Riung Sari berlokasi di Jalan Juanda dan di Lampung bernama Saung Titi. Hal yang menjadi perhatian utama Titi Kamal dalam usahanya tersebut adalah kebersihan, baik pengolahan makanan maupun fasilitas pendukung seperti kamar mandi. Kemudian Titi Kamal juga menaruh perhatiannya pada kualitas rasa atau citarasa sajian dari restorannya.

Seminar dan talkshow ini terwujud atas usaha KING’S Production dengan Randy (angkatan 2004) sebagai Ketua Panitia. KING’S Production merupakan unit usaha angkatan pertama dari Klinik Kewirausahaan yang diasuh oleh Ibu C SRI WIDAYATI, Ir. MSA. dan Bapak Aristo Surya SE, MM, Klinik Kewirausahaan sendiri dibentuk sebagai wadah untuk mempraktekkan teori-teori kewirausahaan dan melatih mahasiswa mata kuliah peminatan Kewirausahaan dalam mengembangkan potensi bisnis mereka. Klinik Kewirausahaan ini diharapkan terus aktif menelurkan ide-ide baru dan memantapkan kemampuan mahasiswa FIA sebelum berkiprah di masyarakat.