ASK
ME

REGISTER
NOW

Study Visit Thaksin University, Songkhla, Thailand Mahasiswa Peminatan Bisnis Internasional FIABIKOM

12/20/2018 00:00:00

Laporan Study Visit Thaksin University, Songkhla, Thailand

Mahasiswa Peminatan Bisnis Internasional FIABIKOM

4 – 7 November 2018

 

Sebanyak 36 (tiga puluh enam) Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis peminatan Bisnis Internasional yang mengambil  Matakuliah BIC 311 Bisnis Internasional  dan 4 (empat)  mahasiswa S2 Prodi Magister Administrasi Bisnis peminatan Bisnis Internasional  Unika Atma Jaya  mengadakan study visit ke Thaksin University , Songkhla, Thailand pada tanggal 4 – 7 November 2018.

 

Study visit  didampingi oleh dosen Prodi Administrasi BIsnis  yaitu Dra. Pradewi Iedarwati, M.Si   dan  dosen Prodi Magister Administrasi Bisnis yaitu Dr.rer.pol. A.Y. Agung Nugroho beserta  2 (dua) staff kependidikan yaitu  Edi Rosedi dan Sriningsih Trihandayani. Adapun jadual kegiatan kunjungan studi sebagai berikut :

 

1. Tanggal 4 november 2018 (Hari pertama)

Berangkat dari Bandara Sukarno Hatta Terminal 3 dengan pesawat Citylink jam 05.30 pagi menuju Penang, Malaysia.  Perjalanan ditempuh selama 2,5  jam dan  tiba di Bandara Penang sekitar pukul  09.00 waktu Penang. Setelah melalui proses imigrasi Penang sekitar 30 menit, maka sekitar  pukul 11.00 rombongan  dijemput oleh dosen Thaksin University yaitu Dr. Suttipon, Dr. Nawit Amage  untuk  berangkat menuju Hat Yai City  dengan menggunakan bus Universitas  Thaksin University,  perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 4 jam. Rombongan  singgah di Sadao Tesco  Lotus untuk makan siang. Perjalanan dilanjutkan ke  Hat Yai Citi Municipal Park  yang terdapat salah satu kuil Budha yang besar di Southern Thailand. Rombongan mengunjungi  Floating Market  sebagai karakteristik pasar tradisional  khas Thailand yang menjajakan makanan dan kerajinan lokal diatas perahu.Sekitar pukul 19.30 rombongan menuju Hotel Udee untuk beristirahat.

 

 

2. Tanggal 5 November 2018 (Hari Kedua)

Pada jam 07.00 pagi rombongan meninggalkan Hat Yai Citi  menuju ke Thaksin University  dengan menggunakan bus kampus   menuju  kampus Thaksin University yang letaknya di kota Songkhla. Rombongan  disambut oleh  Warek I, Dekan  dan beberapa staff dosen dan mahasiswa  Thaksin University.

 

Acara selanjutnya adalah sambutan pertama  oleh  Dekan Faculty of Humanities and Social Sciences yaitu Prof. Dr. Nathapong Chitniratna dilanjutkan sambutan oleh warek 1 yaitu Dr. U – Krisdh Musicpunth yang dilanjutkan dengan sambutan dari Konjen Indonesia bapak Samsu Rizal dan ditutup dengan sambutan dari ketua rombogan FIABIKOM Unika Atmajaya Dr. rer.pol A.Y. Agung Nugroho.

 

Presentasi awal oleh Konjen Indonesia ( Mr. Samsul Rizal )  dengan topik “Indonesia – Thailand Relations Way Forward in Southern Thailand”.  Banyak mahasiswa kita yang bertanya diantaranya Intan dan William. Setelah istirahat makan siang  dilanjutkan presentasi oleh  Dr. Nawit Amage  dosen dari Program in Human Resource Management - Faculty of Humanities and Social Sciences dengan topik “A Proposed Model of Development Competencies for Thai -Malaysian Border Trade Entrepreneurs to Support the ASEAN Economic Community “  presentasi ini dihadiri oleh mahasiswa dari Thaksin University dan rombongan visit studi mahasiswa dari Unika Atma Jaya, serta beberapa dosen dan staf kependidikan Thaksin University. Presentasi diakhiri oleh mahasiswa FIABIKOM Prodi ABI yaitu Grace dan Nathan  dengan topik  “Online Shopping Preference Among Youth in Indonesia and Thailand”. Acara ditutup dengan permainan keakraban antara mahasiswa Unika Atma Jaya dan mahasiswa Thaksin University  sebagai pemandu acara.

 

Selesai acara di kampus Thaksin University maka rombongan  berangkat menuju Pulau Ko yoo untuk  menginap,  tempat penginapan ini milik Thaksin University dan di Kawasan ini terdapat Southern Folklore Museum. Setelah check in rombongandiantar oleh Dr. Suttipon dan staf dosen  mengunjungi meseum tersebut. Acara kunjungan studi hari ke dua ditutup dengan makan malam dengan menu Tom Yum dan makanan lain khas Thailand dilanjutkan dengan gelar budaya. Mahasiwa Thaksin University menampilkan tarian tradisional Thailand dan mahasiswa FIABIKOM Unika Atmajaya   menampilkan kesenian daerah berupa tari poco poco.

 

 

3. Tanggal 6 November  2018 (Hari Ketiga)

Pada pagi hari jam 7.30 rombongan melakukan kunjungan lapangan ke  Perusahaan pengalengan Songkla Canning Co. Ltd. Rombongan diantar oleh Dr. Suttipon dan   Dr. Nawit Amage serta staff dosen dan kependidikan Thaksin University.  Rombongan disambut oleh staff perusahaan  untuk mempresentasikan bisnis proses. Rombongan diberi kesempatan untuk meninjau bisnis ekositim yang dilakukan perusahaan.

 

Setelah mengunjugi Songkla Canning Co.Ltd  rombongan menuju  ke Songhkla Old Town  dengan berkeliling dan  berjalan kaki. Kunjungan kali ini rombongan melakukan permainan kelompok untuk memilih minimal 7 spot foto yang terdiri dari  berbagai obyek di Songhkla old town seperti  bangunan tradisional, kuil, mesjid dan dermaga serta mural khas Songhkla.  Kegiatan hari ke tiga sebagai hari terakhir kunjungan maka rombongan mengunjungi   night market sebagai salah satu tradisi bisnis di Thailand.

 

 

4. Tanggal 7 November 2018 (Hari Keempat)

Jam  07.00 pagi rombongan  berangkat  menuju ke perbatasan Thailand dan Malaysia. Rombongan didampingi oleh staf kependidikan dan mahasiswa Thaksin University yang akan melepas rombongan FIABIKOM diperbatasan.  Rombongan tiba di Penang Malaysia setelah menempuh  4 jam perjalanan dan rombongan makan siang di George Town , Penang.  Pada Jam 13.00 selepas makan siang rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi  pabrik  coklat Harrington selama satu jam. Selanjutnya rombongan  menuju Bandara Penang sekitar jam 16.30 dan tiba di Jakarta pada jam 19.30.

 

Study Visit ke Thaksin University, Songkhla, Thailand telah berjalan sesuai rencana dan berjalan dengan baik dan sukses yang memberikan pengalaman internasional untuk mahasiswa Binis Internasional.