ASK
ME

REGISTER
NOW

KUNJUNGAN KE SUTHERLAND GLOBAL SERVICE

05/26/2018 00:00:00

Jika anda membeli barang secara online di Amazon.com, terus anda tidak puas dengan barang yang telah anda beli tersebut, maka anda ingin complain dengan menelepon call centernya Amazon.com. Jangan dikira yang menjawab telepon anda orang Amerika. Pada kenyataannya yang menjawab adalah orang Filipina dan berada di Filipina. Mereka akan membantu anda mengatasi permasalahan yang anda hadapi lewat jaringan telepon. Bisnis call center ini sangat marak di Filipina, mengingat penguasaan bahasa Inggris mereka rata-rata bagus. Ini adalah fenomena globalisasi yang sedang melanda dunia saat ini, dimana operasi bisnis tidaklah mengenal batas-batas negara.

 

Untuk melihat bagaimana model bisnis ini dijalankan, maka pada hari Kamis, 17 Mei 2018, rombongan dosen dan mahasiswa dari program studi Magister Administrasi Bisnis (MAB) dan Administrasi Bisnis (ABI) mengadakan kunjungan ke perusahaan Sutherland Global Service. Ini merupakan perusahaan call center yang besar di Filipina, melakukan proses transaksi sebanyak 43 juta transaksi setiap bulan, beoperasi di 19 negara dan memiliki klien 120 perusahaan besar yang tersebar di berbagai negara.

 

Dengan mengunjungi perusahaan ini para mahasiswa mendapatkan penjelasan dan pengalaman tentang bagaimana sebuah perusahaan global itu beroperasi. Mereka melibatkan banyak pihak yang yang berlokasi di berbagai negara untuk memperlancar proses bisnisnya. Semoga dengan kunjungan ini pemahaman mahasiswa tentang bisnis global semakin baik. (Eko Widodo)