ASK
ME

REGISTER
NOW

KUNJUNGAN KE KBRI MANILA

05/26/2018 00:00:00

Tidak lengkap rasanya, jika pergi ke luar negeri tidak mengunjungi “Rumah Indonesia” yang ada di negeri tersebut. Pada tanggal 15 Mei 2018, delegasi dari program studi Magister Administrasi Bisnis (MAB) dan Administrasi Bisnis (ABI) FIABIKOM Unika Atma Jaya mendapat kesempatan untuk mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila Filipina.

 

Dalam kunjungan tersebut delegasi dari Unika Atma Jaya sangat dibantu oleh staf Kedutaan RI yang ada disana. Ketika turun di bandara udara Ninoy Aquino, rombongan yang berjumlah 25 mahasiswa ini dijemput oleh mobil dari kedutaan. Di gedung kedutaan yang terletak di Kawasan yang cukup elit di Manila ini, rombongan mahasiswa disambut langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina Dr. Sinyo Harry Sarundayang. Bapak Dubes ini juga baru menduduki posisi sebagai duta besar selama 2 bulan, masih baru. Namun pengetahuannya tentang Filipina sangatlah mumpuni. Ketika menjabat sebagai Bupati Bitung maupun Gubernur Sulawesi Utara, Beliau telah banyak berhubungan dengan Filipina, bahkan beliau merupakan teman dekat dari presiden Filipina sekarang ini Presiden Duterte.

 

Di hadapan para mahasiswa Duta Besar Sarundayang banyak berbicara tentang berbagai hal yang terkait hubungan Indonesia dan Filipina mulai dari soal ekonomi, politi, terorisme yang sedang marak dan lain sebagainya. Duta besar yang telah memiliki pengalaman di berbagai posisi pemerintahan di Indonesia ini dengan fasih menceritakan berbagai hal yang terkait dengan kondisi Filipina saat ini di mata Indonesia. Jika tidak diingatkan bahwa akan ada rapat, mungkin paparan dari pak Dubes akan berlangsung sampai sore. Ceritanya sangat menarik, sehingga tanpa terasa waktu telah berjalan cukup lama. Kunjungan ini telah menambah wawasan mahasiswa akan peran Indonesia di Kawasan Asia Tenggara dan propeknya di masa mendatang. (Eko Widodo)