ASK
ME

REGISTER
NOW

SILVER (SELF IMPROVEMENT LESSON, VOCATIONAL EDUCATION for REFUGEES)

9/3/2019 12:00:00 AM

   

Pembukaan program SILVER Senin 2 September 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Unika Atma Jaya Gedung Yustinus lantai 14. Program SELF IMPROVEMENT LESSON, VOCATIONAL EDUCATION for REFUGEES merupakan kerjasama Unika Atma Jaya (PPM, FEB, FIABIKOM, Fak. Psikologi, FT, FKIK) dengan UNHCR.

Acara dibuka oleh Ibu Elisabeth Rukmini, S.Si, M.Sc., Ph.D (wakil Rektor IV) ; dihadiri oleh Bapak  Erik dan Ibu Valencia (UNHCR) dan  kurang lebih 75 refugee serta perwakilan dari Fakultas serta Biro Kerjasama.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para pencari suaka usia muda (17-25 tahun) untuk dapat memiliki keahlian dalam bidang tertentu seperti elektro, barista dan lain-lain  yang selanjutnya dapat mereka gunakan dalam kehidupan mereka. Dalam pelatihan ini juga akan disisipkan program pengayaan bahasa (Indonesia dan/atau Inggris) dan pendampingan psikologi. Di samping kegiatan pelatihan tersebut, akan diselengarakan program kesehatan melalui kegiatan promosi kesehatan  dan  dilengkapi dengan pameran hasil karya, sehingga para peserta pelatihan dan/atau para pencari suaka lainnya dapat memiliki wadah untuk menampilkan hasil karya mereka, sekaligus memberikan mereka peluang untuk saling mengenal dan berinteraksi dengan komunitas local.

   

Pelatihan diselenggarakan selama 5 bulan (September 2019 – Januari 2020) dan dibuat secara paralel menjadi 4 bagian, yaitu pelatihan keahlian terintegrasi reguler, pelatihan keahlian singkat, dan pameran hasil karya para pencari suaka, serta layanan pemeriksaan atau penyuluhan kesehatan. Layanan pemeriksaan atau penyuluhan kesehatan akan diadakan di lokasi para pencari suaka, sedangkan 3 (tiga) kegiatan lainnya akan diadakan di kampus Atma Jaya (BSD dan Semanggi).



Berita terkait:

https://www.cna.com.tw/news/aopl/201909020296.aspx;
https://wwwprev.atmajaya.ac.id/web/Konten.aspx?gid=highlight&cid=SILVER-Komitmen-Misi-Kemanusiaan-Unika-Atma-Jaya

(Pusat Pemberdayaan Masyarakat / PPM)