ASK
ME

REGISTER
NOW

Program Pertukaran Pelajar Fiabikom Unika Atma Jaya dengan Wesphalian University of Applied Sciences Jerman 2022

11/17/2021 00:00:00

  1. 1.      Pentingnya Pertukaran Pelajar di Jerman

 

Jerman telah menjadi surga pendidikan tinggi bagi siswa internasional.  Di Jerman, terdapat  berbagai peluang dari universitas terkenal dan berperingkat tinggi untuk melakukan studi dalam berbagai disiplin keilmuan dari jenjang sarjana hingga doktoral. Jika kita mengambil kegiatan pertukaran pelajar; maka peluang untuk melanjutkan studi lanjut di Jerman akan lebih mudah baik di negara Jerman sendiri maupun di negara-negara Eropa yang lain. Peluang bagi mahasiswa akan terbuka lebih luas dan akan memberikan berbagai pengalamanyang berharga bagi karier dan kehidupan diwaktu mendatang

Saat ini, jumlah mahasiswa non-Jerman yang sedang belajar di Jerman mencapai 319.000 orang; menempati negara kelima dengan jumlah pelajar luar negeri terbanyak. Jumlah warga negara Indonesia yang bertempat di Jerman mencapai 5.393 orang, dengan jumlah pelajar Indonesia di Jerman mulai berlipat ganda dalam 5 tahun terakhir.

Selain itu, negara ini memiliki sejarah yang kaya dan panjang bersama dengan gaya hidup dinamis dan bersemangat yang menggabungkan gaya klasik dengan modern dan pedesaan dengan perkotaan untuk membuat masa pendidikan anda sewaktu belajar di sana menjadi kenangan manis yang tidak akan terlupakan.  Setiap tahun, ribuan siswa dari berbagai penjuru dunia berbondong-bondong mengunjungi Jerman untuk mewujudkan impian mereka.

 

Alasan kita harus mencoba pertukaran pelajar ke Jerman adalah:

  1. 1.                  Sistem pendidikan di Jerman termasuk salah satu yang terbaik di dunia

Merupakan suatu keistimewaan bisa mengikuti pertukaran pelajar ke Jerman karena kita akan mencicipi sistem pendidikan yang berbeda dengan Indonesia dan tentunya akan sangat baik untuk mendapat berbagai pengalaman dan sudut pandang baru. Beberapa universitas di Jerman sudah memiliki nama besar di antara berbagai universitas ternama di seluruh dunia. Bahkan, universitas yang terbilang universitas terbaik di Jerman pun masuk ke dalam 70 universitas terbaik di dunia, bahkan masuk menjadi  ranking 3 sebagai universitas yang terpercaya secara global.

 

  1. 2.                  Beragam Fasilitas Pendidikan

Terdapat sekitar 450 universitas terakreditasi bersama dengan lebih dari 17.500 kursus dan program yang dapat dipilih. Ini juga merupakan salah satu keuntungan mengambil kegiatan pertukaran dan melakukan kegiatan kuliah di Jerman, fasilitas pendidikan di Jerman tentu sangat memadai dan beragam sehingga kita bisa merasakan pengalaman berbeda. Lebih menguntungkannya lagi, kita bisa berkesmpatan untuk melanjutkan studi kita di Jerman dan negara Eropa yang lainnya.

 

  1. 3.                  Jerman adalah negara yang aman

Jerman dikenal dengan masyarakat multikulturalnya dengan insiden rasisme yang sangat jarang terjadi dibandingkan negara Eropa yang lain. Jerman juga merupakan negara yang aman untuk pertukaran pelajar karena tingkat kejahatan di sini cukup rendah. Anda akan menjadi orang yang akan cukup dihargai di negeri ini.

 

  1. 4.                  Biaya hidup yang cukup terjangkau dibanding negara Eropa lainnya

Biaya hidup di Jerman lebih terjangkau dan masuk akal dibanding dengan destinasi populer lainnya di Eropa. Biaya akomodasi dan makanan tidak terlalu tinggi jika dibanding negara Eropa lainnya. Selain itu, di Jerman untuk biaya masuk berbagai gedung dan institusi seperti museum dan teater juga cukup rendah dan cukup terjangkau untuk kalangan mahasiswa.

 

  1. 5.                  Secara geografis Jerman terletak di jantung Eropa

Jerman terletak di pusat benua Eropa. Dikelilingi oleh negara-negara Eropa yang lain yang kemajuan dan budayanya tidak kalah menarik. Dengan visa pelajar, harga transportasi akan lebih murah dan memudahkan kita untuk berpetualang ke negara sekitar seperti Belanda, Perancis, Swiss dan lain-lain.

 

  1. 6.                  Peluang bekerja

Statistik menunjukkan bahwa 60% pelajar yang berada di Jerman berencana untuk tinggal di negara tersebut setelah kuliah karena tertarik terhadap peluang kerja di sana. Data dari studying-in-germany.org juga mengatakan hal yang sama, di mana 69.2% mahasiswa tertarik untuk bertahan di Jerman karena banyak peluang kerjanya. Pengalaman kerja ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi karier dan kehidupan mahasiswa di masa yang akan datang.

 

  1. 7.                  Tingkat perekonomian dan bisnis di Jerman semakin berkembang

Jerman dikenal sebagai negara dengan tingkat perekonomian terbesar di seluruh Eropa, memiliki perekonomian yang stabil dan merupakan negara pengekspor ketiga terbesar setelah China dan Amerika Serikat. Perkembangan perekonomian tersebut bukan tanpa alasan, karena terdapat berbagai merk ternama seperti Mercedes-Benz, Siemens, Bayer, BMW dan lain sebagainya.

 

Sumber:

https://www.expatrio.com/blog/2020-12/5-reasons-why-international-students-choose-study-abroad-germany

https://www.goabroad.com/articles/study-abroad/five-reasons-to-study-abroad-in-germany

https://ehef.id/country/germany/en

 

 

  1. 2.       Informasi dan Keuntungan Mengikuti Pertukaran Pelajar

 

-          Dibebaskan biaya kuliah di Unika Atma Jaya selama mengikuti pertukaran pelajar selama 1 semester 

Jika anda terpilih dalam program pertukaran pelajar ini, biaya kuliah kamu selama 1 semester akan di gratiskan. Selama mengikuti pertukaran pelajar di Jerman; uang kuliah SKS dan BKP di Unika Atma Jaya akan dihapus. Dana yang disiapkan untuk kuliah dalam 1 semester bisa digunakan untuk membiayai perjalanan anda ke Jerman.

 

-          Bebas biaya uang kuliah di Jerman

Sebagai bentuk kerja sama antara WH dan Unika Atma Jaya; kamu yang terpilih akan mendapatkan pembebasan uang kuliah selama melakukan program pertukaran pelajar di Jerman. Ini adalah merupakan peluang once in a lifetime!

           

-          Mendapatkan beasiswa

Bagi kamu yang terpilih, kamu akan mendapatkan bantuan bea siswa tambahan dari WH. Berikut merupakan rincian bantuan tersebut:

  1. Kuliah di kampus Gelsenkirchen dalam jurusan Ekonomi Bisnis (khusus mahasiswa Administrasi Bisnis) akan mendapat bantuan sebesar 500 Euro
  2. Kuliah di kampus Gelsenkirchen dalam jurusan Jurnalisme dan Hubungan Masyarakat (Journalism and Public Relations) (khusus mahasiswa ilmu komunikasi) akan mendapat bantuan sebesar 500 Euro.
  3. Kuliah di kampus Bocholt dalam jurusan Manajemen Internasional (khusus mahasiswa Administrasi Bisnis) akan mendapat biaya bebas akomodasi (biaya kost) selama 5 bulan

 

Lyer 3 pada Flyer : Biaya-biaya yang harus ditanggung sendiri

Beberapa hal yang perlu kamu perhitungan secara mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi Kesehatan (Wajib)

Penyedia-penyedia asuransi kesehatan di Jerman diwajibkan untuk menawarkan premi asuransi yang terjangkau untuk mahasiswa hingga berumur 30 tahun atau hingga akhir dari semester ke-14 dari perkuliahan mereka. Premi ini adalah sekitar 80 EUR

Sumber: https://www.hotcourses.co.id/study-in-germany/university-applications/wajib-memiliki-asuransi-kesehatan-jika-ingin-kuliah-ke-jerman/ (Di Update 10 November 2021)

  1. Visa

Proses pembuatan visa nasional bisa memakan waktu beberapa sekitar 6 minggu hingga 3 bulan dan harus dilakukan di kedutaan besar Jerman di Jakarta. Setelah semua dokumen diterima petugas dan memenuhi persyaratan, anda harus membayar biaya pembuatan visa Jerman sebesar € 60.

Sumber: https://educraft.id/visa-jerman/ (Di Update 10 November 2021)

 

 

  1. Biaya sehari-hari (living cost) per bulan selama berada di Jerman jika dibandingkan dengan biaya hidup (living cost) di Jakarta

Komponen Biaya Hidup

Jakarta

Jerman

Sewa Apartemen

Rp. 4.000.000,-

Rp. 4.900.000,-

Makan & Minum

Rp. 2.000.000,-

Rp. 2.700.000,-

Transportasi Umum

Rp. 616.000,-

Rp. 1.300.000,-

Internet

Rp. 100.000,-

Rp. 550.000,-

Biaya lain-lain

Rp. 1.000.000,-

Rp. 1.200.000,-

Asuransi Kesehatan

 

Rp. 1.300.000,-

Total

Rp. 7.716.000,-

Rp. 11.950.000,-

 

  • Jika anda kuliah di kampus Gelsenkirchen anda mendapat tunjangan 500 Euro selama 5 bilan, berarti 1 bulan mendapat 100 Euro sehingga biaya hidup per bulan menjadi sekitar Rp. 10.314.000,- (sedikit lebih tinggi dari biaya hidup anda sehari-hari di Jakarta)
  • Jika anda kuliah di kampus Bocholt anda mendapat tunjangan akomodasi sehingga biaya hidup per bulan menjadi sekitar Rp. 7.050.000,- (lebih rendah dari biaya hidup anda sehari-hari di Jakarta)
  • Secara umum karena biaya tiket pesawat menggunakan biaya kuliah semester yang seharusnya anda bayar ke Unika Atma Jaya, maka biaya pertukaran pelajar yang ditanggung sebenarnya hanya biaya hidup (living cost) anda selama berada di Jerman.

Sumber : https://www.hotcourses.co.id/study-in-germany/student-finance/biaya-hidup-di-jerman-untuk-mahasiswa/  (Di Update 10 November 2021)

 

 

  1. Tiket Pesawat Indonesia – Jerman

 

Sumber: https://www.traveloka.com/en-id/flight/fullsearch?ap=JKTA.BER&dt=11-11-2021.NA&ps=1.0.0&sc=ECONOMY  ( Di Update 10 November 2021)