ASK
ME

REGISTER
NOW

Seminar Untuk Guru dan Orangtua Siswa PAUD/TK/SDN di Cisauk "Waspada Kejahatan Seksual Terhadap Anak"

10/9/2014 12:00:00 AM

            Tim Pengabdian Masyarakat, Ka UPT Kec, Cisauk, dan Kepala sekolah

Pada tahun 2014 ini masyarakat dikagetkan dengan tiga berita besar. Pelecehan seksual anak di sekolah internasional bergengsi ”Jakarta International School”;  penangkapan Andri Sobari alias Emon yang melakukan pelecahan seksual terhadap seratus lebih anak laki-laki; dan kematian seorang anak perempuan akibat penyakit kelamin setelah diperkosa ayah kandungnya. Ketiga peristiwa tersebut memiliki latar belakang tempat yang beragam (sekolah, rumah, jalanan) dan pelaku yang berbeda-beda (guru, orangtua, orang lain). Hanya korbannya yang sama yaitu anak-anak dengan berbagai rentang umur, mulai balita hingga remaja.

Sejak kejadian di atas, pengaduan tentang kejahatan atau kekerasan seksual terhadap anak di Indonesia meningkat. Selama bulan Januari hingga Mei 2014 Komisi Perlindungan Anak Indonesia sudah menerima sekitar 400 pengaduan. Padahal pada satu tahun sebelumnya ’hanya’ 925 kasus. Diduga sejak banyaknya publikasi tentang tertangkapnya pelaku kejahatan seksual, korban dan keluarga mulai berani melaporkan perbuatan yang dianggap akan mendatangkan aib apabila diketahui orang lain.

Oleh karena kejahatan seksual terhadap anak terus meningkat dan upaya pencegahan serta penanggulangan harus terus disosialisasikan, maka pada Rabu, 8 Oktober 2014 Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM)-LPPM Unika Atma Jaya bekerjasama dengan UPT TK, SD dan PNFI Kec. Cisauk, dan PGRI Cabang Kec. Cisauk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk seminar ”Waspada Kejahatan Seksual terhadap Anak”

   
Sambutan Bapak Camat Kecamatan Cisauk                             Tim Pramuka dan Dokter kecil sebagai "Penerima tamu"

Seminar ini dibuka oleh Bapak H. Murhadi, S.E. Camat Kecamatan Cisauk dengan didampingi oleh Kepala UPT TK, SD  dan PNFI Kec. Cisauk, Ketua PGRI Cabang kec. Cisauk, Kapolsek Cisauk, perwakilan Koramil, Kepala Desa Sampora dan Kepala Desa Suradita. Seminar dihadiri oleh 98 orang perwakilan guru dan orang tua siswa dari 42 sekolah TK, PAUD, dan SD Negeri sekecamatan Cisauk.

Seminar “Waspada Kejahatan Seksual Terhadap Anak”  ini dikaji dari tiga aspek yaitu aspek psikologi yang disampaikan oleh Dr. Margaretha Purwanti, Psi., M.Si., aspek hukum oleh Feronica, S.H., M.H., dan aspek Komunikasi oleh Dr. Dorien Kartikawangi dengan moderator Stephanus Desi Prastianto, S.H., M.Hum.

   
Sesi tanya-jawab                                                                   Sesi tanya-jawab

Dalam sambutannya, Kepala PPM bapak Drs. Suharsono, M.Si. yang juga mewakili Warek I dan Ketua LPPM Unika Atma Jaya menyampaikan antara lain bahwa kegiatan seminar kali ini pada dasarnya merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pengabdian yang dilakukan khususnya di wilayah kecamatan Cisauk. Disampaikan juga bahwa Unika Atma Jaya memiliki 8 Fakultas dan kedepan jika warga masyarakat memerlukan maka PPM dengan terbuka dan senang hati serta siap untuk bekerjasama. Pada seminar ini juga hadir ibu Vivitri Dewi Prasasty, S.Si., M.Si. mewakili Koordinator P2M Fakultas Teknobiologi.

Untuk memperkuat materi yang disampaikan dalam seminar, masing-masing sekolah yang hadir diberikan 2 macam poster tentang “Waspada Kejahatan Seksual Terhadap Anak” dan 1 leflet “underwear rule”

 

 

(Foto : Laban Eka Jaya/PPM)