ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Public Speaking di Saint Johns Catholic School

02/14/2014 00:00:00

Kamis, 6 Februari 2014, sungguh menjadi suatu hari yang sangat luar biasa! Pada hari itu Tim Promosi Program Studi Ilmu Komunikasi yang diwakilkan oleh Ibu Dr. Dorien Kartikawangi, selaku staf pengajar Prodi Komunikasi dan mahasiswa yaitu Marvin Yuliano dan Aprilia Fitrianingrum menjadi fasilitator dalam pelatihan Public Speaking bagi anggota OSIS SMA dan SMP sekolah Saint John’s di BSD, Tangerang. Mengapa hari itu dapat menjadi sungguh sangat luar biasa? Karena kami telah menemukan begitu banyak mutiara terpendam di dalam diri siswa-siswi tersebut. Sungguh mengejutkan melihat kesiapan dan kemampuan mereka dalam berbicara di depan umum, di umur yang masih belia.

 

Acara pelatihan ini dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh Bapak Catur selaku salah satu staf pengajar di sekolah Saint John’s yang kemudian dilanjutkan oleh perkenalan dari Tim Promosi Program Studi Ilmu Komunikasi. Setelah itu kita melanjutkannya dengan permainan untuk mencairkan suasana yang dikombinasikan dengan praktek berbicara di depan umum oleh beberapa siswa, disinilah cahaya dari pada siswa-siswi tersebut mulai terpancar dari semangat, kepercayaan diri, dan kemampuan mereka dalam bersosialisasi  serta berbicara di depan umum.

 

Lalu acara pun dilanjutkan ke tahap yang lebih serius dan mendalam ketika Dr Dorien Kartikawangi, yang biasa disapa dengan Ibu Dorien, selaku fasilitator memberikan materi dari pelatihan tersebut kepada siswa-siswa sekolah Saint John’s. Anggota OSIS sekolah Saint John’s langsung memfokuskan perhatiannya dalam berupaya memahami informasi yang sangat penting dan berguna bagi kemampuan softskill mereka, beberapa pertanyaan dilontarkan guna menggali informasi tersebut secara lebih mendalam lagi. Setelah materi tersebut selesai dilakukan, maka sesi diskusi dan praktek pun dimulai. Para anggota pelatihan tersebut diminta membuat kelompok-kelompok kecil, lalu menyiapkan pidato dan menyampaikan di depan kelas. Ketika peserta mulai mulai berpidato, kami segera terkesima dengan keahlian mereka dalam menguasai panggung dan penyampaian pesan serta makna dari pidato mereka dalam berbagai metode dan bahasa yang berbeda. Gelak tawa dan keceriaan tidak terhindarkan ketika beberapa kelompok membawakan pidato mereka dalam cara-cara yang unik dan lucu. Selain itu, dikarenakan topik yang mereka bawakan dekat dan tepat bagi anak seusia mereka, seperti selfie dan YOLO, maka pidato-pidato mereka dapat diterima dan dipahami oleh seluruh anggota pelatihan tersebut.

 

 

Lalu, setelah semua kelompok tampil ke depan, Ibu Dorien segera memberikan beberapa kritik dan saran serta menarik beberapa kesimpulan bagi mereka. Lalu acara tersebut ditutup dengan kata-kata singkat oleh Bapak Catur dan wakil kepala sekolah Saint John yang dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing pihak. Setelah itu seluruh peserta dan fasilitator berfoto bersama. Salut untuk OSIS Saint John’s School! Keep fighting and don’t let your spirits down guys! (Marvin, mahaiswa Prodi Komunikasi)