ASK
ME

REGISTER
NOW

SOSIALISASI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2021

02/09/2021 00:00:00

Sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif dan inovatif; objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan memberi kesempatan kepada mahasiswa Program Sarjana (S1) untuk mengajukan proposal tanggal 1 s.d 28 Februari 2021. Waktu satu bulan untuk mempersiapkan dan membuat proposal yang baik, memang sangatlah terbatas.

Pada hari Selasa, 09 Februari 2021, secara daring dilakukan acara Sosialisasi PKM. Dalam kesempatan ini, sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini disampaikan oleh:

  1. Enalth Aldi dari FPB
  2. Daru Seto Bagus Anugerah dari FT
  3. Renna Eliana dari FTB
  4. Alfonso Harrison dari FIABIKOM

Bertindak sebagai moderator dalam acara ini adalah Agnes Harnadi Kabid Kemahasiswaan FIABIKOM. Beberapa hal yang disampaikan dalam acara sosialisasi ini antara lain:

  1. Proposal harus memenuhi tuntutan administrative yang berlaku. Oleh karenanya pihak yang mengajukan harus membaca pedoman pengajuan PKM dengan baik. Pedoman ini seringkali berubah setiap saat sesuai dengan perkembangan terbaru yang terjadi.
  2. Masalah yang ada atau masalah yang hendak dibantu adalah merupakan masalah yang riil. Masalah itu ada di lapangan, bukan merupakan masalah yang diada-adakan demu kepentingan pembuatan proposal.
  3. Untuk tahun ini ada penekanan khusus pada metode blended learning. Sedapat mungkin kegiatan yang dilakukan mencakup kegiatan luring maupun daring. Alasannya disamping saat ini masih berada dalam masa pandemic, juga untuk mendorong para pihak agar semakin familiar dengan penggunaan teknologi. Khususnya teknologi telekomunikasi dalam melakukan kegiatan PKM ini.
  4. Dan ada beberapa hal lain lagi yang disampaikan oleh naras umber dalam kesempatan ini.

Dari dialog yang terjadi, memang kendala waktu jadi persoalan tersendiri. Disamping waktunya sangat pendek, juga saat ini kampus sedang dalam masa libur antar sementer, sehingga mengumpulkan mahasiswa untuk membentuk kelompok sendiri yang akan tampil untuk mengajukan proposal penelitian agak sulit dilakukan pada saat ini. (Eko Widodo)