ASK
ME

REGISTER
NOW

Webinar Sociopreneur dengan tema Inclusivity and Diversity Series

12/14/2022 00:00:00

Webinar Sociopreneur dengan tema “Inclusivity and Diversity Series” prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya bekerja sama dengan Sociopreneur Id

 

Social Entrepreneurship Sharing Session (Three-S) adalah program yang diinisiasi oleh SociopreneurID untuk menjadi wadah berbagi (sharing), membangun jejaring dan bertukar pemahaman tentang Social Entrepreneurship antar organisasi maupun individu untuk bisa memberi dampak bagi sekelilingnya. Kami percaya setiap orang mempunyai pengalaman, cerita, dan pengetahuan yang dapat menjadi inspirasi bersama. Sharing menjadi salah satu cara untuk menciptakan kolaborasi guna menyelesaikan tantangan yang ada di lapangan. Three-S memiliki tujuan untuk:

  1. Memberikan pemahaman tentang Social Entrepreneurship kepada individu/organisasi yang

ingin terlibat atau melakukan kegiatan berbasis Social Entrepreneurship.

  1. Berjejaring dan berhubungan dengan komunitas yang tertarik atau bergerak dalam bidang Social Entrepreneurship

Diversitas (diversity) menurut KBBI adalah ‘perbedaan’, ‘keragaman’. Sehari-hari, penggunaan istilah ini digunakan sebagai dimensi yang membedakan antara satu individu/grup/entitas dengan yang lainnya. Sementara itu, inklusi (inclusion) dalam KBBI memiliki arti ‘termasuk’, ‘terhitung’, dengan kata lain, Inklusi berarti upaya untuk menghargai dan mengapresiasi keragaman, perbedaan yang terbentuk secara kultur maupun perbedaan yang hadir dalam bermasyarakat.Memahami tentang diversitas dan inklusivitas dalam kehidupan sehari-hari menjadi unsur krusial agar pemerataan dapat terwujud dan merupakan sebuah upaya untuk menjamin tidak adanya pihak yang diabaikan. Unsur inilah yang terkandung dalam agenda SDGs 2030. Terdapat 17 capaian dalam agenda dunia tersebut yang tidak lepas dari partisipasi lapisan masyarakat yang menyeluruh (inklusif) dan pihak/sektor/pemangku kepentingan (stakeholders) yang beragam. Maka dari itu, Three-S Network Series kali ini kembali hadir dengan mengangkat tema “Inclusivity and Diversity,” sebagai wadah untuk berbagi, berdiskusi, berjejaring dan berkolaborasi antarpemangku kepentingan meliputi Academia, Business, Government, and Society (ABGS). Melalui “Inclusivity and Diversity,” peserta akan mendalami peran masing-masing pemangku kepentingan, mendapatkan insight tentang praktik keberagaman dan inklusivitas pada ABGS, serta membangun kolaborasi yang dapat dilakukan lintas sektoral.

Rangkaian Tema Program

Inclusivity and Diversity in Education Institution bersama UNIKA Atma Jaya (offline)

MC: Christina Devina / Moderator: Her Suharyanto

Narasumber:

Niki Prastomo (dosen Universitas Multimedia Nusantara) mengambil tema: Makna dan peran inklusivitas dan diversitas dalam dunia pendidikan dan mengapa penting membangun ekosistem belajar yang inklusif?

Dorien Kartikawangi (kaprodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya) mengambil tema:  Membangun dan menerapkan ekosistem belajar yang inklusif dan dapat diterapkan kepada seluruh mahasiswa serta praktik baik keberagaman dan inklusivitas di UNIKA Atma Jaya

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari dan Tanggal : Jumat, 4 November 2022

Waktu : 09.00 – 11.00 WIB

Durasi : 2 jam

Lokasi : Auditorium Gedung Yustinus Lantai 15, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Kampus Semanggi.