ASK
ME

REGISTER
NOW

Seminar Nasional A.R. Baswedan - Sejarah dan Perannya dalam Merajut Ke-Indonesiaan

04/08/2011 00:00:00

Seminar Nas A.R Baswedan
Meningkatkan kesadaran semua golongan, bahwa perbedaan suku, etnis, agama dan ideologi bukanlah halangan untuk memberikan sumbangsih yang terbaik kepada Bangsa dan Negara. Semua orang yang telah berjuang secara luar biasa untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia patut dihargai sebagai seorang patriot. A.R. Baswedan adalah salah satu dari para founding fathers (Bapak Bangsa) dari Negara Republik Indonesia. Beliau duduk dalam Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang bertugas merancang dan merumuskan UUD 1945. Di ranah diplomasi, Baswedan ternyata juga berperan penting memperjuangkan pengakuan diplomatik yang pertama bagi Republik Indonesia yang baru saja didirikan, yakni dari Kerajaan Mesir di tahun 1947. Golongan Arab secara riil ikut berpartisipasi dalam perjuangan kemerdekaan bersama-sama elemen bangsa lainnya. Namun, ironisnya hingga saat ini belum ada Pahlawan Nasional dari golongan tersebut. Di pihak lain, dari kalangan Tionghoa sudah diangkat Laksamana Muda John Lie (Yahya Daniel Dharma) pada tahun 2009, atas pengusulan Yayasan Nabil.


Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) Unika Atma Jaya bekerjasama dengan Yayasan Nation Building (Nabil), menggelar  Seminar Nasional dan Peluncuran Buku A.R. Baswedan: “Sejarah dan Perannya Dalam Merajut Ke-Indonesia-an” pada:


Hari, tanggal    : Kamis, 14 April 2011,

Waktu               : pukul 09.00-12.15 WIB

Tempat             : Gedung Yustinus lantai 15, kampus Semanggi. Unika Atma Jaya

Pembicara        :

             ·         Dr. A. Setyo Wibowo (Tokoh Pluralisme)

             ·         M. Nursam, SS. (Sejarahwan dan Penulis Buku Biografi AR. Baswedan)

             ·         Buya A. Syafii Maarif (Tokoh Intelektual Muslim)

              ·        Prof. Dr. Aloisius Agus Nugroho (Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi

               Unika Atma Jaya)

      Moderator        : Dr. A. Prasetyantoko

 

Unika Atma Jaya sengaja dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara di atas untuk menunjukkan eksistensi pluralisme di negeri ini. Baswedan yang Muslim, diseminarkan di Atma Jaya yang Katolik, merupakan perlambang akan masih berdiri tegaknya nilai-nilai keberagaman yang sejak dulu dijunjung tinggi di masyarakat (cross cultural fertilization), namun dewasa ini mengalami banyak gangguan.


Melalui acara ini diharapkan bisa mengilhami berbagai pihak tentang penting dan indahnya keberagaman dan berujung pada penganugerahan gelar Pahlawan Nasional bagi A.R. Baswedan selaku tokoh pertama dari kalangan Arab oleh Pemerintah Republik Indonesia.


Mari berpartisipasi secara aktif dalam proses Nation Building, antara lain dengan meningkatkan dan meneguhkan pluralisme dan multikulturalisme, termasuk di antaranya hubungan antar etnik.

 

 

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

·         Sekretariat FIABIKOM a.n Yongki/Wadi/Wagiman

Telp. 021 570 3306, 572 7615 pes. 155

Fax: 570 89 67, e-mail: yongky@atmajaya.ac.id

·         Yanuar 0852 169 20 183

 

(Diperbarui oleh ynr-m&pr/04/11)