ASK
ME

REGISTER
NOW

Seminar "Komunikasi, Bisnis dan Sport: Sebuah Sinergi Peluang"

01/29/2009 00:00:00

Seminar Kom, Bisnis dan Sport
Bisnis adalah sebuah dunia yang berkaitan dengan aspek profit. Sementara olahraga adalah sebuah kegiatan yang pertama-tama berhubungan dengan masalah bagaimana membina manusia agar secara fisik dan mental menjadi lebih sehat dan baik. Bisnis dan olahraga, dengan demikian, adalah dua hal yang berbeda dan tidak saling berkaitan. Itu adalah sebuah pandangan dahulu.    


Anggapan demikian tentu kini tidak lagi berlaku. Bisnis dan olahraga (sport) telah menjadi dua hal yang saling berdekatan dan saling mendukung. Kedekatan dan saling hubungan ini justru menjadi semakin kuat. Itu terbukti dari fakta bahwa pemasaran sebagai bagian penting dalam bisnis sering memanfaatkan setiap momentum dalam  kegiatan olahraga tertentu sebagai ajang untuk berpromosi. Dunia olahraga lalu berdampingan dengan dunia bisnis. Hubungannya tidak lagi berjauhan dan terpisah, tetapi berdekatan dan saling membutuhkan.

 

Kenyataan seperti ini bukan sesuatu yang sulit untuk bisa dimengerti. Dari sisi dunia olahraga dapat dikatakan bahwa hampir semua jenis olahraga, apalagi untuk jenis-jenis olahraga yang amat populer seperti sepakbola, tinju, basket, tenis, voli – sekedar menyebut beberapa – merupakan kegiatan yang paling banyak menarik perhatian publik. Dari sisi bisnis, pemasaran (marketing) merupakan bagian yang sangat penting. Dalam aktivitas pemasaran, seluruh kemampuan dan daya sepenuhnya terarah pada satu tujuan yaitu merebut sebanyak mungkin calon konsumen untuk sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Publik luas lalu menjadi ’medan’ sasaran yang hendak dibidik untuk merebut calon konsumen tadi. Momen kejuaraan dalam pertandingan sebuah jenis olahraga tertentu adalah momen yang akbar. Di sanalah perhatian ribuan bahkan jutaan pasang mata tertuju. Di sana kegiatan olahraga menjadi sebuah fokus sekaligus sebuah daya yang mampu menarik perhatian jutaan pasang mata. Di sana pula sebuah kesempatan dan peluang bagi para pebisnis untuk tampil mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan. Cara ini tentu menjadi sangat efektif bagi dunia bisnis. Dunia olahraga, dengan demikian, dapat dikatakan sebagai sebuah dunia yang telah dan hampir selalu menjadi hal yang penting bagi sebuah komunikasi bisnis.

 

Beberapa aktivitas di dunia olahraga dapat dikemukakan sebagai bukti untuk mendukung penjelasan di atas. Di tingkat Internasional, sebagai contoh, ajang balap Internasional Formula 1 digunakan oleh para produsen mobil untuk mensponsori pembalap yang dipandang dapat merepresentasikan perusahaannya. Contoh yang lain, ajang pertandingan sepakbola Piala Dunia menjadi sarana bagi perusahaan untuk mempromosikan berbagai produk seperti minuman penyegar dari berbagai merk, pakaian, sepatu, dan berbagai jenis perlengkapan olahraga, dst. Di tingkat Nasional, hal serupa –  kerjasama dan hubungan anatra bisnis dan olahraga -  juga terjadi. Perusahaan Sampoerna, yang memproduksi berbagai jenis rokok, telah beberapa kali menggelar turnamen liga bola Voli Sampoerna Hijau. Bukti adanya korelasi dan saling dukung antara bisnis dan olahraga tentu saja dapat diperpanjang. Namun kiranya kita cukup menyebutkan beberapa saja.

 

Apa yang telah (dan nanti) dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam kaitan dengan aktivitas bisnisnya, seperti digambarkan di atas, tentu saja membutuhkan suatu strategi tertentu yang menjadi bagian dari strategi marketing communication dan corporate communication. Peran sentral komunikasi dalam menyatukan bisnis dan sport akan menciptakan sebuah sinergi peluang yang luar biasa untuk memenangkan persaingan. Bagaimanakah sinergi tersebut dilihat dari perspektif teoritis maupun praktis? Melengkapi Atma Jaya Volley Ball Competition 2009, Fakultas Ilmu Administrasi menyelenggarakan seminar dengan tema ”Komunikasi, Bisnis, dan Sport: Sebuah Sinergi Peluang”. Pembicara: Bp. Eric Tohir (Direktur TV One dan Ketua Perbasi) dan Ibu Linawati Sutedja (Group Product Manager Kuku Bima – PT. Sido Muncul) yang akan diselenggarakan pada Senin, 2 Februari 2009, jam 14:00 – 16:00 wib di Aula D, Unika Atma Jaya, Semanggi.

 

Untuk konfirmasi keikutsertaan silakan menghubungi Sdri. Merry (0813-80043850) dan Sdr.Yongky (0812-8320425) atau melalui Sekretrariat FIA (021) 570 3306 ext. 155.