ASK
ME

REGISTER
NOW

Semiloka Penulisan Edukasi Bergaya Ilmiah

02/02/2008 00:00:00

Penulisan-Edukasi

Latar Belakang

Pada era globalisasi yang terus berkembang, permasalahan yang dihadapi pelajar menjadi semakin kompleks. Salah satu masalah yang kian marak terjadi pada kalangan pelajar yaitu tindak kekerasan yang dilakukan oleh para pelajar itu sendiri ataupun oleh pihak lain. Di samping itu, para pelajar juga masih harus menghadapi permasalahan keluarga yang semakin rumit. Hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap situasi psikis pelajar yang berdampak pada prestasi akademik.

 

Kondisi pelajar dengan segala permasalahannya juga berdampak pada seluruh staf pendidik di sekolah, terutama konselor. Konselor berperan penting membantu pelajar membenahi situasi diri dan memampukannya mengatasi permasalahan yang dihadapi. Untuk menjawab kebutuhan sekolah akan tenaga konselor yang profesional dan kompeten, Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UAJ menyiapkan para calon konselor untuk dapat membantu secara profesional tanpa memandang suku, ras, jenis kelamin, usia, kelas sosial atau pembedaan lainnya.

 

Secara khusus, Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UAJ  juga hendak mewujudkan kepeduliannya terhadap pengembangan kompetensi para guru demi peningkatan kualitas pendidikan secara umum. Kompas, edisi Senin, 7 Januari 2008 mengungkapakan bahwa proses uji sertifikasi guru hingga saat ini masih terhambat. Sekretaris Panitia Pelaksana Uji Sertifikasi dari Universitas Negeri Manado, Harol Lumapao, mengatakan bahwa daerah cukup sulit untuk memenuhi kuota guru karena guru yang memenuhi kualifikasi jumlahnya terbatas.

 

Salah satu kualifikasi yang diminta adalah kemampuan para pengajar menuangkan ide melalui tulisan berupa penelitian atau artikel yang dipublikasikan. Sayangnya pemenuhan kualifikasi berupa hasil karya tulis masih sangat minim. Para guru kurang tergugah untuk mengahasilkan karya tulis. Lemahnya kemampuan guru dalam hal penulisan menjadi salah satu alasan minimnya hasil karya tulis guru. Alasan lainnya yang dikemukakan guru adalah kesulitan mereka menuangkan ide dalam bahasa tulis yang populer (easy reading)

 

Mencermati fenomena ini, Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UAJ tergerak menyelenggarakan Semiloka Penulisan Edukasi Bergaya Populer. Melalui kegiatan ini, para peserta semiloka diajak untuk membuka diri, menyadari bahwa pendidikan tidak hanya dapat terjadi di dalam kelas. Pendidikan juga dapat dilakukan diluar kelas melalui karya tulis. Semua orang, siapapun dia, dimanapun ia berada, kapanpun, memiliki kesempatan untuk turut menikmati ilmu yang dibagikan dalam bentuk karya tulis. Guru, pada prinsipnya, telah memiliki materi untuk dituliskan. Kini tinggal bagaimana mengemas karya tulis tersebut agar tetap berbobot dan populer dalam arti mudah dibaca (easy reading)

 

 

Pembicara:

> Andreas Hartono (Human Excellence)

> Ign. Haryanto (Direktur Lembaga Studi Pers & Pembangunan dan Agenda 18)

> Her Suharyanto (Trainer Sekolah Penulis Pembelajaran dan Agenda 18)

 

Waktu dan Tempat

Senin, 10 Maret 2008, Pukul 12:30 WIB-selesai

(Registrasi pkl 12:00)

Bertempat di Aula D Unika Atma Jaya

(Jl. Jend. Sudirman 51. Jakarta)

 

Peserta

Terbuka untuk guru, pemerhati pendidikan, mahasiswa, umum

 

Biaya Pendaftaran:

Rp 35.000,- (termasuk materi, snack, sertifikat)

Via transfer BCA KCP Vila Melati no rek. 6050077762 a/n Arnette Harjanto

 

Lomba Penulisan

Syarat: Peserta Semiloka Penulisan Edukasi Bergaya Populer

 

Pendaftaran (s.d. 28 Februari 2008) dan Informasi Lebih Lanjut

Tina: (021) 932 40832

Angel: 0812 191 9089

 

[yap-m&pr/02/08]