ASK
ME

REGISTER
NOW

Sekilas Kegiatan Ties Of Counseling

11/04/2008 00:00:00

TOC

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 23-25 Oktober 2008, berlokasi di Kota Bunga dan Padepokan Bukit Kehidupan Gunung Geulis. Acara yang berlangsung terdiri atas dua kegiatan besar. Kegiatan yang pertama adalah kegiatan Konseling dan Bakti Sosial  bersama dengan anak-anak dari Sekolah Darurat Kartini. Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Bunga , mulai pukul 11:00-15:00 WIB di sekitar area persawahan. Kegiatan di Kota Bunga ini secara keseluruhan diikuti oleh sekitar 55 anak sekolah, dengan peserta mahasiswa dan dosen sekitar 100 orang.

Bagi anak SMP dan SMA, kegiatan konseling diberikan langsung oleh para mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Tujuan utama dari konseling ini adalah membantu anak-anak tersbut dengan ragam permasalahan yang berbeda-beda, sekaligus belajar dan saling berbagi pengalaman masing-masing.

Bagi siswa SD, yang terdiri dari siswa/I kelas 4-6, para mahasiswa melakukan sebuah kegiatan dinamika kelompok, dimana  anak-anak belajar hal-hal yang baru mengenai kehidupan melalui sarana permainan. Pada acara tersebut, anak-anak Sekolah Darurat Kartini juga turut mempersembahkan beberapa lagu lewat permainan angklung yang memukau semua yang ada di sana. Pada akhir acara, kepada anak-anak tersebut diberikan bantuan berupa perlengkapan mandi: Shampo Zinc, Sikat Gigi Ciptadent dan Kodomo, pasta gigi Ciptadent, Sabun Mandi Giv, bantuan ini diberikan oleh PT. Lion Wings. Selain itu PT. Kalbe Farma turut memberikan sponsor berupa produk minuman baru mereka, yaitu Fatigon Hydro kepada seluruh peserta yang hadir disana. Bantuan lainnya datang dari para donatur lainnya berupa buku tulis, makanan ringan dan perlengkapan mandi.

Semoga apa yang sudah diberikan bisa berguna bagi anak-anak Sekolah Darurat Kartini, sekalipun mungkin belum seberapa jumlahnya yang bisa kami berikan. Kami berharap supaya anak-anak tersebut kelak menjadi orang-orang dewasa yang akan berguna bagi nusa dan bangsa. Pukul 15:00 WIB, mahasiswa sudah bersiap untuk berangkat ke Padepokan Bukit Kehidupan, Gunung Geulis. Di tempat tersebut, mahasiswa akan mengikuti pelatihan-pelatihan, seperti character building, team building, spirit building dan lainnya. Kegiatan ini berlangsung sampai hari terakhir. Selama 3 hari 2 malam disana, para mahasiswa mengikuti beberapa session, seperti play therapy, refleksi, jurit malam, outdoor activity dan lain sebagainya. Pada malam terakhir diisi dengan api unggun dan penyerahan tongkat estafet TOC XII  yang akan dikembalikan kepada Ketua HMJ Bimbingan dan Konseling. Hari ketiga, diisi dengan doa lintas agama dan foto angkatan.

Kegiatan Ties of Counseling ini bisa ada dan bisa berjalan semua karena bantuan dari banyak pihak, baik dari panitia yang telah bekerja keras, pimpinan Fakultas beserta staf , Ketua Jurusan dan para dosen, para mahasiswa Bimibingan dan Konseling, para sponsor kami; Lion Wings, Kalbe Farma-Fatigon Hydro, Integrated Finance & Management Solution, dan para donatur ynag terkasih. Tuhan memberkati setiap hal yang sudah kita tabur.

(Updated by yap/m&pr-11/08)