ASK
ME

REGISTER
NOW

FKIK Unika Atma Jaya Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk Mencegah Covid-19 di Penjaringan Jakarta Utara

4/16/2020 12:00:00 AM

Viralnya Covid-19 yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome-corona virus-2 (SARS-CoV-2) telah menimbulkan kepanikan diseluruh dunia termasuk di Indonesia.

 

MeskipunWHO, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) maupun Kementrian Kesehatan RI telah mengeluarkan banyak informasi-informasi aktual dan panduan-panduan terkait Covid-19, tetapi berita-berita tidak sahih masih simpang siur yang tersebar di antara masyarakat. Padahal penularan virus ini dapat dicegah dengan mengetrapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti cuci tangan dengan  baik dan benar, etika batuk, serta menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

 

Untuk itu, dokter muda IKM-G FKIK UAJ yang sedang menjalankan kepaniteraan klinik Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Gizi (IKM-G) dan sedang melaksanakan program BERANI (Bersama RW 015 Atasi Hipertensi) di RW 15 Kelurahan Penjaringan bersama dengan Puskesmas Kelurahan Penjaringan 2, mengadakan penyuluhan tentang Covid-19 dan PHBS bagi peserta Pos Binaan Terpadu (POSBINDU). POSBINDU sendiri adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

 

Kegiatan tersebut dilakukan sebelum pelaksanaan POSBINDU di Pos RW 015 Penjaringan pada 12 Maret 2020.  Melalui kegiatn ini diharapan peserta lebih memahami tentang Covid-19 dan sadar akan pentingnya PHBS sebagai bentuk pencegahannya. Selain itu, diharapkan Kader Kesehatan dan peserta POSBINDU dapat menyebarkan informasi yang benar tentang Covid-19, mempraktikkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi contoh bagi masyarakat sekitar. Masyarakat tampak antusias saat tim dokter muda membawakan materi mengenai Covid-19, para kader juga bersemangat untuk mengajak warga mengikuti kegiatan ini.

 

Dokter muda IKM-G FKIK UAJ mengadakan penyuluhan tentang Covid-19 dan PHBS bagi peserta Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) RW 015

 

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi tentang Covid-19, apa Covid-19, tanda dan gejala yang ditimbulkan, sistem penularannya, kelompok-kelompok masyarakat yang berisiko tinggi tertular Covid-19, serta cara pencegahannya dibantu dengan dua poster yang telah dikembangkan oleh Tim Dokter Muda Atma Jaya. Salah satu poster megenai Covid-19 diberikan kepada pihak Puskesmas untuk dipasang di Puskemas Kelurahan Penjaringan 2 agar dapat mengedukasi masyarakat yang datang ke Puskesmas.

 

 Dua poster mengenai Covid-19 yang dikembangkan oleh Tim Dokter Muda Atma Jaya

 

Dari diskusi banyak pertanyaan yang muncul yang perlu diluruskan oleh para dokter muda dan pihak Puskesmas, seperti: apakah cuci tangan tidak perlu lama-lama, karena virus menyebar lewat udara sehingga semua orang harus memakai masker, hanya orang-orang tua saja yang dapat terkena Covid-19, berjemur di matahari dapat mencegah Covid-19, dan apakah antibiotik dapat mengobati Covid-19. Diskusi berjalan dengan sangat lancar karena dibantu oleh kader kesehatan yang membantu pelaksanaan kegiatan dan mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif.

 

Acara dilanjutkan dengan demo cara cuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun dan air mengalir, penggunaan hand sanitizer, serta etika batuk, baik dengan lipatan siku bagian dalam, menggunakan tisu, sapu tangan atau masker. Ternyata masyarakat RW 015 Penjaringan sudah cukup tahu mengenai hal ini, hanya masih kurang dalam implementasinya, sehingga  tidaklah sulit bagi para dokter muda dan pihak Puskesmas untuk mengedukasi mereka. Kegiatan diakhiri dengan kuis seputar Covid-19 dan PHBS.

 

 Kegiatan penyuluhan tentang Covid-19 dan PHBS bagi peserta Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) RW 015 diakhiri dengan kuis.