ASK
ME

REGISTER
NOW

SEMINAR ACICIS THE NEW INDONESIAN GOVERNMENT

01/13/2015 00:00:00

 

Pada hari ketiga kegiatan ACICIS di Unika Atma Jaya diadakan seminar yang bertemakan “The New Indonesian Government”. Seminar ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang memadai terhadap mahasiswa peserta program ACICIS kami ini tentang perkembangan isu-isu kontemporer Indonesia dewasa ini. Isu yang berkembang khususnya menyangkut masalah keamanan, pemilian umum dan pemerintahan baru. Seperti diketahui, Indonesia saat ini memiliki pemerintahan baru yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Pemerintahan baru ini tentunya akan membawa berbagai perubahan terhadap berbagai kebijakan ekonomi maupun politik yang berbeda dengan pemerintahan sebelumnya.

 

Adapun dalam seminar kali ini menampilkan 3 orang pembicara yaitu Michael Bachelard, Sidney Jones dan Titi Anggriani. Michael Bachelard adalah merupakan jurnalis yang sangat produktif dalam menulis berbagai perkembangan situasi di Indonesia. Khususnya yang menyangkut masalah dinamika pemerintahan baru. Dia juga baru-baru ini sangat sibuk menulis tragedi jatuhnya pesawat Air Asia yang jatuh di perairan Selat Karimata. Michael Bachelard adalah koresponden Fairfaz Media di Indonesia. Dia adalah wartawan senior di Australia dalam bidang politik dan pernah mendapatkan penghargaan Jefferson Fellowship in Jornalism pada tahun 2005. Buku yang pernah ditulisnya berjudul Behind the Exclussive Brethren.

 

Pembicara kedua adalah  Sidney Jones. Dia adalah mantan Director of International Crisis Group dan sekarang menjadi dirtector of Institute for Policy Analysis of Conflict. Merupakan tokoh yang sangat terkenal semenjak tragedy bom Bali beberapa tahun yang lalu. Dia merupakan narasumber utama yang berbicara tentang terorisme di Indonesia maupun di Asia Tenggara. Pendapatnya menjadi bahan rujukan utama tentang berbagai hal yang terkait dengan terorisme. Dalam kesempatan ini Sidney Jones bicara tentang berbagai aspek politik dan keamanan dalam pemerintahan baru.

 

Pembicara ketiga adalah Titi Anggraini yang merupakan Direktur Eksekutif dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).Dia bicara tentang berbagai hal yang terkait dengan isu-isu pemilian umum yang baru saja berlangsung di Indonesia. Banyak hal menarik yang didapat oleh peserta tentang hal-hal yang terkait dengan pemilu dan terbentuknya pemerintahan baru di Indonesia saat ini. (Eko Widodo)