ASK
ME

REGISTER
NOW

UJIAN DOKTOR SATRIA KUSUMA FAJAR MAHARDIKA DI PRODI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PERTANIAN DAN PEDESAAN IPB

02/05/2021 00:00:00

Pada hari ini, Jum’at 05 Fabruari 2021, bapak Satria Kusuma Fajar Mahardika, S.IP., M.Si., yang merupakan staf pengajar di program studi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya, telah berhasil menjalani sidang promosi Doktor pada program studi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Institut Pertanian Bogor (IPB). Beliau mempertahankan disertasi dengan judul “Performa Komunikasi dalam Mengembangkan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa untuk Kewirausahaan Sosial di Desa Panggunghardjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam membuat disertasi ini Satria Kusuma dibimbing oleh Prof. Dr. Aida Vitalaya Sjafri Hubeis,  Dr. Ir. Basita Ginting  Sugihen, MA dan Dr. Ir. Sarwititi Sarwoprasodjo, M.S. Dalam sidang ini juga hadir sebagai penguji eksternal Ibu Dr. Dorien Kartikawangi, M.Si yang merupakan Kaprodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya. Oleh team penguji Doktoral ini, disertasi Satria Kusuma dianggap telah memiliki kebaruan dan keunggulan yang dapat dipertanggung-jawabkan sehingga layak lulus dalam sidang promosi terbuka ini.

Adapun kebaruan yang telah dihasilkan dalam penelitian disertasi ini adalah:

  1. Memasukan teori Budaya Organisasi dari Ilmu Komunikasi dengan teori kewirausahaan social karena penelitian mengenai BUMDes dari perspektif komunikasi masih fokus pada aspek teknologi informasi dan komunikasi dan pemasaran.
  2. Performa komunikasi BUMdes dalam mengkonstruksi budaya organisasi dalam menciptakan dan mempertahankan realitas organisasi melalui pemaknaan simbol-simbol lokal.
  3. Membangun model komunikasi peningkatan kapasitas BUMDesdalam mengelola kewirausahaan berkelanjutan.

 

Selamat untuk Dr. Satrua Kusuma Fajar Mahardika, M.Si. Semoga dengan gelar yang disandang ini mampu memberi kontribusi yang lebih berharga bagi kemajuan bidang ilmu komunikasi di Indonesia. Semoga dengan tambahan staf Doktor yang baru ini, program studi Komunikasi Unika Atma Jaya akan lebih berkembang dalam rangka menghasilkan insan-insan ahli komunikasi di Indonesa tercinta. (Eko Widodo)