ASK
ME

REGISTER
NOW

Road Show Seputar Indonesia Goes to Campus - Mengenal Lebih dalam Seluk Beluk Dunia Broadcasting dan Jurnalistik

11/21/2012 00:00:00

Road Show Sindo Goes to Campus


Banyak orang berkata bahwa masuk ke dunia broadcasting dan jurnalistik adalah hal yang mudah. Tidak diperlukan gelar khusus untuk menjadi wartawan ataupun bidang lainnya dalam dunia tersebut. Semua orang bisa masuk dan bekerja dalam dunia broadcasting dan jurnalistik tanpa harus bersusah payah. Benarkah?

Jawaban dari pertanyaan ini sudah dijawab dan diulas sedalam mungkin pada Hari Selasa, 13 November 2012 silam di Unika Atma Jaya dalam kegiatan ‘Seputar Indonesia Goes to Campus’. Kegiatan ini adalah hasil kerjasama Program Studi Ilmu Komunikasi FIABIKOM dengan RCTI, yang menghadirkan Ariyo Ardi, Michael Tjandra, Levi Silalahi, dan Rizky Hasan sebagai pembicara dalam talkshow. Empat pembicara top dari RCTI ini khusus menyempatkan diri untuk datang ke Unika Atma Jaya dan membagikan pengetahuan dan pengalaman pribadi mereka.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa-mahasiswi Unika Atma Jaya dapat mengetahui seluk beluk dunia broadcasting dan jurnalisme dengan lebih dalam. Ariyo Ardi dan Michael Tjandra juga menjelaskan bahwa menjadi seorang reporter dan presenter bukanlah suatu pekerjaan yang dapat dianggap enteng. Sebagai seorang professional, mereka harus siap siaga ketika ada kejadian ataupun perkara yang harus segera diliput. Menjadi seorang reporter dan presenter yang baik mewajibkan kita untuk memiliki fisik dan mental yang kuat, serta keinginan untuk banyak belajar dari lingkungan.

Selain itu, Levi Silalahi dan Rizky Hasan juga mengulas secara dalam kegiatan mereka sebagai tim investigasi RCTI. Mereka memaparkan beberapa liputan mereka seperti perdagangan gadis belia, pembantaian orang utan, dan masih banyak lagi. Menjadi bagian dari tim investigasi, haruslah peka dan cepat tanggap, serta jujur pada diri sendiri dan pemirsa – begitulah pernyataan dari Levi Silalahi.

Kegiatan yang sebetulnya berlangsung cukup lama (pk 10.00 – pk 16.00) ini ternyata tidak menyurutkan semangat mahasiswa-mahasiswi. Apalagi, mereka mendapat kesempatan untuk dishoot secara live di Seputar Indonesia pada pk.12.20 siang. “Melihat diri sendiri secara langsung adalah pengalaman yang langka dan seru,” ujar salah seorang peserta talkshow.

Selain itu, antusiasme mahasiswa-pun terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pembicara. Meskipun mereka tahu bahwa waktu talkshow sudah selesai, tetap saja banyak tangan yang teracung keatas untuk bertanya. Sangatlah luar biasa respon dari mahasiswa Unika Atma Jaya terhadap kegiatan ini.


Pada akhir kegiatan, teman-teman panitia dari Prodi Ilmu komunikasi FIABIKOM pun tersenyum puas karena keberhasilan acara pada hari itu. Selain mendapat ilmu dari pihak RCTI, seluruh panitia juga mendapat ilmu tambahan, yakni kebersamaan, solidaritas, dan kerja keras. Tunggu kegiatan dari Prodi Ilmu Komunikasi FIABIKOM lainnya, ya.

Road Show Sindo Goes to Campus Panitia
Panitia “SINDO Goes to Campus” Unika Atma Jaya, Prodi Ilmu Komunikasi FIABIKOM bersama Bapak Satria Kusuma, S.Sos, M.Si (Wadek III FIABIKOM)